Untuk siswa-siswi Bekasi yang kurang mampu namun memiliki tekad kuat untuk kuliah jangan menyerah. Ada KIP kuliah yang bisa membantu kulian kuliah melalui berbagai jalur perkuliahan. Sebagaimana sudah diinformasikan pada website ini bahwa berbagai jalur pendaftaran baik universitas negeri maupun swasta dapat dilakukan melalui KIP kuliah.

Untuk prosedur pembuatan KIP kuliah sendiri bisa dibaca dengan lengkap pada laman berikut ini:
1. PEMAPARAN PROGRAM KIP KULIAH & PERSYARATANNYA KLIK LINK
2. MEKANISME PENGISIAN FORMULIR KIP KULIAH 
KLIK LINK

Pada universitas negeri dan politeknik negeri, KIP Kuliah bisa kalian gunakan pada berbagai jalur seperti SNMPTN, UTBK SBMPTN, SNMPN, SBMPN, SPANPTKIN, UMPTKIN sebagaimana sudah dipaparkan disini ( LINK ) dan juga ujian mandiri PTN yang bisa di cek pada link berikut (LINK 1) (LINK 2). Namun peluang untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri sangatlah kecil, iklim persaingan, tenaga, serta biaya yang disediakan tidak sedikit. Hal ini karena beberapa faktor:
1. Perguruan tinggi terbatas, hanya ada satu atau dua di satu wilayah Kabupaten/Kota. Bahkan Kota dan Kabupaten Bekasi sendiri tempat dimana penulis tinggal tidak ada Universitas Negeri. Untuk kampus beda kota beda provinsi umumnya siswa KIP ini ragu dan khawatir biaya tidak cukup
2. Kuota KIP terbatas. Di universitas negeri meskipun dapat ditembus dengan KIP kuliah, namun persaingan ketat menanti. Apalagi jika kemampuan akademik dan prestasi siswa alakadarnya. Pastinya peluang akan lebih kecil karena memang umumnya siswa KIP ini juga banyak yang kurang dari sisi akademik, apalagi terimbas Covid sehingga belajar menjadi tidak optimal, tidak punya uang untuk belajar tambahan seperti bimbel atau les privat.

Maka dari semua itu Kampus Swasta dalam kota menjadi pilihan alternatif. Jika sudah tidak berhasil menembus PTN bisa jadi rejeki kalian di kampus swasta. Kampus swasta pun banyak juga yang mengadakan program beasiswa bagi pemegang KIP. Dan kuliah ini merupakan alternatif untuk mengupdrade diri agar memiliki bekal lebih secara keilmuan dan juga untuk mempermudah menggapai karir pekerjaan untuk mengubah nasib. Namun KIP kuliah di kampus swasta umumnya hanya pada jurusan tertentu jadi jangan salah memilih ya.

Berikut daftar beberapa nama KAMPUS SWASTA PENERIMA KIP KULIAH di JABODETABEK dilengkapi dengan jurusan penerima KIP serta akreditasinya.

1.  Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

Teknik Informatika S1 (B), Sistem Informasi S1 (B)

2. Universitas Gunadarma 

Kedokteran S1, 
Pendidikan Profesi Dokter PR, Kebidanan S1, Kebidanan D3 (B), Pendidikan Profesi Bidan PR, Teknik Elektro S1 (A), Teknik Mesin S1 (A), Teknik Sipil  S1 (A), Arsitektur  S1 (A), Teknik Industri  S1 (A), Farmasi S1 (C), Agroteknologi S1 (B), Teknik Informatika  S1 (A), Sistem Komputer  S1 (A), Teknik Komputer D3 (A), Sistem, Informasi S1 (A), Manajemen Informatika D3 (A), Ekonomi Syariah S1 (B), Manajemen  S1 (A), Manajemen Pemasaran D3 (A), Manajemen Keuangan   D3(A), Akuntansi  S1 (A), Akuntansi D3 (A), Ilmu Komunikasi  S1 (A), Psikologi  S1 (A), Sastra Inggris S1 (A), Sastra Tiongkok S1 (B), Desain, Interior S1 (B), Pariwisata S1 (B)

3. Universitas Bina Sarana Informatika (BSI)

Teknik Elektro S1 (C), Teknik Industri S1 (C), Teknologi Komputer
D3 (B), Sistem Informasi Akuntansi D3 (B), Sistem Informasi D3 (B), Administrasi Perkantoran D3 (B), Akuntansi D3 (B), Administrasi Bisnis D3 (B), Manajemen Pajak D3 (B), Hubungan Masyarakat D3 (B), Periklanan D3 (B), Penyiaran D3 (B), Sastra Inggris S1 (B), Bahasa Inggris D3 (B)

4. Universitas Islam 45 (UNISMA)

Pendidikan Agama Islam S1 (B)

5. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bani Saleh

Ilmu Keperawatan S1 (B), Keperawatan D3 (B), Profesi Ners PR (B), Kebidanan D3 (B), Farmasi S1 (C)

6. STMIK Bani Saleh

Teknik Informatika S1 (C), Teknik Komputer D3 (C), Sistem Informasi S1 (C), Manajemen Informatika D3 (C), Komputerisasi Akuntansi D3 (C)

7. Universitas Pancasila

Teknik Elektro S1 (B), Teknik Elektronika D3 (C), Teknik Mesin
S1 (A), Teknik Mesin D3 (B), Teknik Sipil S1 (A), Arsitektur S1 (A), Teknik Industri S1 (B), Farmasi  S1 (A), Farmasi D3 (B), Profesi Apoteker PR (A), Teknik Informatika S1 (A), Manajemen S1 (A), Akuntansi S1 (A), Akuntansi D3 (B), Perpajakan D3 (A), Ilmu Komunikasi S1(A), Psikologi S1 (A), Ilmu Hukum S1  (A), Destinasi Pariwisata S1 (A)

8. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)

Kedokteran S1, Teknik Kardiovaskuler (D3) B, Pendidikan Profesi Dokter PR, Kesehatan Masyarakat S1 (B), Ilmu Gizi S1 (A), Analis Kesehatan D4 (B), Teknik Elektro S1 (B), Teknik Mesin S1 (B), Farmasi  S1 (B), Profesi Apoteker PR (B), Teknik Informatika S1 (B), Ekonomi Islam  S1 (B), Manajemen S1 (Baik Sekali), Perbankan Syariah S1 (B), Akuntansi S1 (B), Akuntansi D3 (B), Perpajakan D3 (B), Ilmu Komunikasi S1 (A), Psikologi S1 (A), Pendidikan Matematika S1 (B), Pendidikan Fisika  S1 (B), Pendidikan Biologi S1 (B), Bimbingan Dan Konseling S1 (A), Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 (A), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 (B), Pendidikan Agama Islam S1 (A), Pendidikan Profesi Guru PR, Pendidikan Sejarah S1 (A), Pendidikan Geografi S1 (A), Pendidikan Ekonomi S1 (A), Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia S1 (A), Pendidikan Bahasa Inggris S1 (B), Pendidikan Bahasa Arab S1 (Baik), Pendidikan Bahasa Jepang S1 (B) 

9. Universitas Indraprasta PGRI

Teknik Industri  S1 (B), Teknik Informatika S1 (B), Pendidikan Matematika S1 (B), Pendidikan Fisika S1 (A), Pendidikan Biologi S1 (B), Bimbingan Dan Konseling S1 (B), Pendidikan Sejarah S1 (B), Pendidikan Ekonomi S1 (B), Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia S1 (B), Pendidikan Bahasa Inggris S1 (B), Desain Komunikasi Visual S1 (A), Perhotelan D3 (B), Arsitektur S1 (B).

10. Universitas Al-Azhar Indonesia

Teknik Elektro  S1 (B), Teknik Industri  S1 (B), Biologi S1 (A), Informatika S1 (B), Manajemen S1    (B), Akuntansi S1 (B), Ilmu Hubungan Internasional S1 (B), Ilmu Komunikasi S1 (A), Bimbingan dan Penyuluhan Islam S1 (B), Psikologi S1 (B), Ilmu Hukum S1 (B), Bahasa dan Kebudayaan Inggris S1  (B), Bahasa dan Kebudayaan Arab S1 (A), Bahasa dan Kebudayaan Jepang S1 (B), Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok S1 (B), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 (B), Pendidikan Agama Islam S1 (B)

(Bersambung di update periodik)




Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *