APA ITU SMMPTN BARAT?

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022 Pasal 4 menegaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) dan Diploma pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selain dilakukan melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) dan seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT), dapat juga dilakukan melalui jalur seleksi secara mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN atau melalui konsorsium. Pada tahun 2023, para Rektor dari 25 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat (BKS-PTN Barat) telah sepakat untuk menyelenggarakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi jalur mandiri secara bersama yang dinamakan SMM PTN-BARAT 2023. PTN yang ikut dalam penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2023 adalah:

Ketentuan Umum dan Persyaratan:

1. Ketentuan Umum

SMM PTN-BARAT 2023 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

Peserta yang akan mengikuti UTBK SMM PTN-BARAT 2023 terlebih dahulu harus mendaftarkan diri secara online melalui KLIK LINK BERIKUT: KLIK DISINI. Proses pendaftaran online merupakan rangkaian yang harus dipenuhi oleh peserta sampai pada tahap finalisasi yaitu cetak kartu ujian dan peserta Wajib mengikuti UTBK SMM PTN-BARAT 2023 sesuai dengan jadwal yang tersebut pada kartu ujian.

2. Persyaratan Pendaftaran Peserta

Untuk dapat menjadi peserta SMM PTN-BARAT 2023, calon peserta harus memenuhi Persyaratan Pendaftaran UTBK SMM PTN-BARAT 2023, sebagai berikut:

  1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
  2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2023, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Peserta seleksi dalam kondisi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
  4. Memiliki ijazah yang dikeluarkan dalam 3 tahun terakhir (2021, 2022, dan 2023) kecuali untuk beberapa PTN berikut:
    1. UNJA, UMRAH, dan UTU dapat menggunakan ijazah 5 tahun terakhir (2019, 2020, 2021, 2022 dan 2023). Khusus UMRAH, umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2023;
    2. ISBI Aceh menerima ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2014 sampai dengan 2023 dan Paket C maksimal umur 35 tahun; dan
    3. UPR menerima peserta dengan ijazah 3 tahun terakhir (2021, 2022, dan 2023) atau Paket C maksimal berusia 25 tahun.

Prosedur Pendaftaran:

Proses pendaftaran calon peserta SMM PTN-BARAT 2023 menggunakan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2023 dilakukan secara online.
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukkan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran dimulai pada tanggal 8 Mei 2023, pukul 08:00 WIB s/d 27 Juni 2023, pukul 16:00 WIB.
  4. Bagi peserta ujian SMMPTN-Barat 2023 yang telah melakukan pendaftaran awal untuk mendapatkan ID bayar, pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan paling lambat pada tanggal 27 Juni 2023, pukul 16.00 WIB.
  5. Jika peserta belum selesai menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, maka masih diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 28 Juni 2023, pukul 14.00 WIB.
  6. Batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 28 Juni 2023, pukul 16.00 WIB.

Materi Ujian:

  1. Materi/soal Ujian terdiri dari atas dua jenis yaitu :
    • Pertama: Tes Potensial Skolastik;
    • Kedua: Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.
  2. Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah Tes mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam soal TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Bacaan dan Menulis. Kemampuan Kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar
  3. Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan sebagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masayarakat.
  4. Penalaran Matematika mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga negara dunia.

Jumlah dan Pilihan:

Pada SMM PTN-BARAT 2023, panitia tidak menggunakan sistem kelompok ujian. Para pendaftar dengan latar belakang SLTA apapun dapat memilih prodi tujuan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) pilihan program studi pada satu PTN atau 2 PTN yang berbeda
  2. PTN pilihan pertama TIDAK HARUS menjadi lokasi mengikuti ujian tulis. Namun sebaiknya lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat dengan tempat domisili peserta saat ini.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Biaya Registrasi dan Seleksi UTBK

  1. Biaya registrasi yang dikenakan pada masing-masing peserta adalah sebesar Rp 350.000,-.
  2. Biaya registrasi tersebut dibayarkan pada saat pendaftaran online melalui bank mitra yang telah ditunjuk yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BSI.
  3. Biaya registrasi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Ujian

UTBK SMM PTN-BARAT 2023 dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 14 Juli 2023. Khusus pada hari Jum’at, sesi siang disesuaikan dengan waktu sholat Jum’at di lokasi masing-masing PPUM. Pelaksanaan UTBK terdiri atas dua sesi per hari dengan rincian jadwal seperti berikut :

SesiWaktu (WIB)Kegiatan
Sesi Pagi07.30 – 07.40Peserta memasuki ruang ujian
07.40 – 07.50Pemeriksaan identitas dan dokumen
07.50 – 08.00Latihan
08.00 – 08.40Ujian Potensi Skolastik
08.40 – 09.30Ujian Literasi Bahasa Inggris
09.30 – 10.20Ujian Literasi Bahasa Indonesia
10.20 – 11.05Ujian Penalaran Matematika
Sesi Siang13.15 – 13.25Peserta memasuki ruang ujian
13.25 – 13.35Pemeriksaan identitas dan dokumen
13.35 – 13.45Latihan
13.45 – 14.25Ujian Potensi Skolastik
14.25 – 15.15Ujian Literasi Bahasa Inggris
15.15 – 16.05Ujian Literasi Bahasa Indonesia
16.05 – 16.50Ujian Penalaran Matematika

Portofolio:

Bagi peserta SMM PTN-BARAT 2023 yang memilih program studi yang ada persyaratan keterampilan, wajib mengisi portofolio yang ditetapkan. Portofolio yang dibuat dalam bentuk video, diunggah ke laman Youtube dan URL-nya dimasukkan pada menu upload portofolio di aplikasi pendaftaran melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/. Untuk portofolio yang berupa gambar, agar disimpan pada Google drive, dan link-nya dimasukkan pada menu upload.

Tempat dan Lokasi Ujian

  1. PTN pilihan pertama TIDAK HARUS menjadi lokasi mengikuti ujian tulis. Namun sebaiknya lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat dengan tempat domisili peserta saat ini.
  2. Tempat ujian peserta SMM PTN-BARAT 2023 adalah di PTN terdekat dari tempat domisili peserta saat ini. Protokol pencegahan penyebaran Covid-19 harus diikuti. Kesehatan dan keselamatan peserta dan panitia menjadi prioritas.
  3. Lokasi ruang ujian tulis diatur dan ditetapkan oleh panitia pada masing-masing PTN peserta program seleksi SMM PTN-BARAT 2023.

Metode Penilaian dan Kelulusan

Penilaian atas hasil UTBK SMM PTN-BARAT 2023 dilakukan dengan metode CEEB (College Entrance Examination Board) yang dilakukan oleh Panitia SMM PTN-Barat 2023. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, penetapan kelulusan menjadi kewenangan dan tanggung jawab dari masing-masing Rektor berupa standard kelulusan atas dasar nilai UTBK yang diperoleh peserta. Nilai semua peserta pada pilihan yang sama diperingkatkan (dirangking) dari yang paling besar hingga yang paling kecil. Hasil nilai UTBK digunakan oleh Rektor PTN peserta SMM PTN-BARAT 2023 untuk menetapkan kelulusan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada PTN tersebut.

Afirmasi

Sebagian PTN Peserta SMM PTN-BARAT 2023 menerima mahasiswa jalur afirmasi, dengan kriteria sebagaimana pada tabel berikut ini.

NoPTNStatus AfirmasiKriteria
1Universitas Syiah Kuala (USK)AdaPutra/putri DaerahAnak dosen/tendik
2Universitas Malikussaleh (Unimal)AdaAnak dosenPertimbangan Forkompimda
3Universitas Riau (Unri)Ada untuk Prodi Pend. DokterPutra/putri daerahKerja samaAnak dosen/tendik
4Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)Ada untuk Prodi Pend. DokterPutra/putri daerah
5ISI PadangpanjangAdaDaerah 3TAnak dosenAnak yatim piatu
6Universitas Jambi (Unja)AdaAnak dosen/tendikPutra/putri daerah (suku anak dalam)Pemegang KIP-KPrestasi
7Universitas Bengkulu (Unib)AdaPutra/putri daerah
8Universitas Bangka Belitung (UBB)Ada untuk Prodi Pend. DokterPutra/putri daerah
9Universitas Palangka Raya (UPR)AdaPutra/putri daerahAnak dosen/tendikKerja sama
10Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika)AdaAnak dosen/tendikPutra/putri daerahAsal dari 3T

Sumbangan Pengembangan Institusi

Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) adalah dana sumbangan yang diberlakukan pada mahasiswa jalur mandiri beberapa PTN Peserta SMM PTN-BARAT 2023. Dana ini bukan merupakan syarat kelulusan peserta, namun merupakan dana yang disumbangkan kepada PTN pada saat mendaftar ulang setelah peserta dinyatakan lulus. Informasi tentang status dan besaran SPI masing-masing prodi dapat dilihat pada laman Daftar PTN dan klik tombol Cek Prodi, sedangkan dasar pengenai SPI dan rencana penggunaannya diatur oleh masing-masing PTN.

Pengumuman Kelulusan:

  1. Pengumuman kelulusan dilakukan setelah proses penetapan kelulusan oleh masing-masing PTN, yang ditanda tangani oleh Rektor PTN terkait.
  2. Pengumuman kelulusan hasil seleksi SMM PTN-BARAT 2023 dilakukan pada tanggal 18 Juli 2023 mulai pukul 16.00 WIB melalui:
    1. Laman utama: http://pengumuman.smmptnbarat.id
    2. Laman mirror sebagai berikut:

Lain – lain:

  1. Informasi resmi mengenai SMM PTN-BARAT 2023 dapat diakses melalui:
    1. Website SMM PTN-BARAT 2023: https://www.smmptnbarat.id
    2. Website perguruan tinggi masing-masing.
    3. Sekretariat panitia SMM PTN-BARAT 2023 pada masing-masing perguruan tinggi.
  2. Alamat Sekretariat SMM PTN-BARAT 2023 adalah sebagai berikut:
    Gedung Rektorat Universitas Syiah Kuala
    Jl. T. Teuku Nyak Arief Gampong Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala
    Kota Banda Aceh – Prov Aceh 23112
    Website: https://smmptnbarat.id
    e-Mail: sekretariat@smmptnbarat.id
  3. Alamat Penanggung Jawab Teknologi Informasi SMM PTN-BARAT 2023 adalah sebagai berikut:
    UPT. TIK Universitas Syiah Kuala
    Gedung ICT Center USK – Taiwan
    Jln. Syech Abdurrauf No. 2 Gampong Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala
    Kota Banda Aceh – Prov Aceh 23112
    Web: https://smmptnbarat.id
    e-Mail: pendaftaran@smmptnbarat.id

Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *