Politeknik Kementrian Kesehatan (POLTEKKES KEMENKES) Jakarta III adalah salah satu Politeknik kesehatan di bawah naungan Kementrian Kesehatan. Saat ini Poltekkes Kemenkes Jakarta III membuka Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Teknologi Laboratorium Medis, dan Fisioterapi.

Poltekkes Kemenkes Jakarta III beralamat di
Jl. Arteri JORR Jatiwarna Kec. Pondok Melati 17415 Kota Bekasi – Jawa Barat
Telp. 021 84978693, F. 021 84978696
Email : sipenmaru@poltekkesjakarta3.ac.id

Saat ini poltekkes kemenkes Jakarta III membuka jalur penerimaan peserta didik baru melalui Program Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) bagi lulusan SMA/MAN/SMK Dan Jalur Alih Jenjang/Profesi (RPL)

Jalur PMDP

Seleksi PMDP diperuntukkan bagi pendaftar yang tercatat masih aktif semester akhir di SMA/MA/SMK. Seleksi ini dilakukan berdasarkan capaian prestasi akademik dan non akademik pendaftar selama menjadi siswa di SMA/MA/SMK, untuk prestasi diluar akademik menjadi pertimbangan dalam proses seleksi administrasi meliputi prestasi bidang olahraga, seni dan budaya, dan teknologi. Seleksi ini meliputi seleksi administrasi dan uji kesehatan.

A. WAKTU

NoKegiatanWaktu
1Pendaftaran Online25 Januari – 15 Maret 2024
2Pengisian Fortofolio25 Januari – 15 Maret 2024
3Uji Kesehatan dan Verifikasi Hasil Uji Kesehatan25 Maret – 1 April 2024
4Pengumuman Hasil Seleksi Akhir5 April 2024
5Registrasi dan Pemberkasan06 – 10 Mei 2024
6Psikotes09 – 10 Mei 2024


B. PERSYARATAN ADMINISTRATIF PMDP

  1. Tinggi badan Minimal: 155 cm untuk laki-laki, dan 150 cm untuk perempuan, khusus untuk jurusan Kebidanan, Keperawatan dan Fisioterapi. (akan diukur kembali pada saat uji kesehatan setelah dinyatakan lulus sel
  2. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan buta warna (akan dilakukan uji kesehatan).
  3. Memiliki latar belakang jurusan/kualifikasi pendidikan sbb:
NO.JURUSAN / PRODI PEMINATANKUALIFIKASI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
1Jurusan Kebidanan
 a. Program Studi D-III KebidananSMA/MA Jurusan IPA/Kurikulum Merdeka wajib dengan Mata Pelajaran Biologi
 b. Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan + Program Studi Pendidikan Profesi BidanSMA/MA Jurusan IPA/Kurikulum Merdeka wajib dengan Mata Pelajaran Biologi
 c. Program Studi Sarjana Terapan Promosi KesehatanSMA/MA Jurusan IPA/IPS dan SMK Semua Jurusan/Kurikulum Merdeka
2Jurusan Keperawatan
 a. Program Studi D-III KeperawatanSMK Kesehatan Program Kekhususan (Keperawatan)
SMA/MA Jurusan IPA/Kurikulum Merdeka wajib dengan Mata Pelajaran Biologi
 b. Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan + Program Studi Profesi NersSMA/MA Jurusan IPA/Kurikulum Merdeka wajib dengan Mata Pelajaran Biologi
c. Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan + Program Studi Profesi Ners (International Class)SMA/MA Jurusan IPA/Kurikulum Merdeka wajib dengan Mata Pelajaran Biologi
3Jurusan Teknologi Laboratorium Medis
 a. Program Studi D-III Teknologi Laboratorium MedisSMA/MA Jurusan IPA/ IPS/ Kurikulum Merdeka wajib dengan Mata Pelajaran Biologi
SMK Kesehatan Program Kekhususan (TLM/ Analis Kesehatan)
 b. Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium MedisSMA/MA Jurusan IPA/ IPS/ Kurikulum Merdeka wajib dengan Mata Pelajaran Biologi
SMK Kesehatan Program Kekhususan (TLM/ Analis Kesehatan)
4Jurusan Fisioterapi
 a. Program Studi Sarjana Terapan Fisioterapi + Program Studi Profesi FisioterapisSMA/MA Jurusan IPA/Kurikulum Merdeka wajib dengan Mata Pelajaran Biologi
  • Kelompok Peminatan Kesehatan (Kurikulum Meredeka Wajib Dengan Mata Pelajaran Biologi)
  • Tercatat masih aktif sebagai siswa/i aktif pada SMA/MA/SMKatau sederajat, memiliki nilai minimal 75 (tujuh puluh lima) untuk rata – rata nilai pengetahuan dari semester I s/d V dan untuk beberapa mata ajar dari semester I s/d V (B. Inggris, B. Indonesia, Matematika).
  • Akreditasi sekolah minimal “B”
  • Keikutsertaan disetujui oleh kepala sekolah (ditandatanganinya formulir pendaftaran oleh kepala sekolah)
  • Mengupload surat pernyataan bersedia untuk tidak mengundurkan dirisebagai calon mahasiswa apabila dinyatakan lulus seleksi diketahui oleh Kepala Sekolah
  • Jika ada, mengupload foto copy sertifikat penghargaan/prestasidalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Olahraga, Seni dan Budaya, Kepramukaan, Keagamaan dan delegasi sebagai anggota Paskibra. Keikutsertaan calon peserta baik tingkat Internasional, Nasional, Regional Provinsi, Kabupaten yang dilegalisir oleh kepala sekolah (hanya satu sertifikat dengan nilai tertinggi) Prestasi yang dimasukkan adalah juara 1, 2 dan 3.
  • Calon yang mendaftar, membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000 melalui nomor virtual account Bank BNI yang didapat sewaktu melakukan pendaftaran.
  • Mengupload pasphoto berwarna dengan latar belakang warna merah
  • Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bersedia mengikuti program kreatifitas mahasiswa (PKM) dan kegiatan lainnya, baik yang diselenggarakan di tingkat Poltekkes Kemenkes maupun yang diselenggarakan di tingkat instansi/lembaga lain untuk mewakili sesuai bidang peminatan/ bakatnya.
  • Mengupload surat keterangan berkelakukan baik dari kepolisian atau surat keterangan berkelakuan baik yang dikeluarkan oleh Sekolah (bagi yang belum 17 Tahun).


C. KETENTUAN LAIN 

  1. Calon yang mendaftar hanya dapat memilih satu program studi yang diminati. Tidak diperkenankan pindah Jurusan/ Program Studi, baik setelah dinyatakan diterima atau setelah mengikuti proses pembelajaran.  
  2. Hasil kelulusan seleksi dibatalkan apabila calon yang bersangkutan tidak lulus dalam Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan Kemendikbud. 
  3. Seluruh calon yang lulus seleksi administrasi WAJIB melakukan Uji Kesehatan di tempat yang ditunjuk/ kerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Jakarta III.
  4. Setelah dinyatakan lulus seleksi kemudian mengundurkan diri, tidak ada pengembalian biaya yang sudah dibayarkan (pendaftaran dan UKT) dengan alasan apapun.
  5. Bagi pendaftar yang memilih peminatan Kelas Internasional pada Prodi Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners agar mengupload sertifikat TOEFL dengan skor minimal 400dan mengupload Surat Persetujuan Orang Tua (Bermaterai)
  6. Peserta yang sudah dinyatakan Lulus tidak diperkenankan untuk mengundurkan diri dengan alasan apapun. Apabila peserta tetap mengundurkan diri maka sekolah asal akan mendapatkan catatan khusus selama 2 tahun kedepan.
  7. Bagi pendaftar yang berminat mengikuti program bantuan pendidikan bagi Gakin (Keluarga Miskin)silahkan mendaftarkan dirisecara online melalui URL : https://beasiswa.poltekkesjakarta3.ac.id/ setelah menyelesaikan pendaftaran PMDP

Alur Pendaftaran PMDP (Panduan Pendaftaran PMDP 2023)

YUK SEGERA DAFTAR JALUR PMDP POLTEKKES KEMENKES JAKARTA III
KLIK LINK BERIKUT: DAFTAR POLTEKKES KEMENKES

Selain melalui jalur PMDP kamu juga bisa mendaftar di POLTEKKES KEMENKES JAKARTA III melalui jalur SIMAMA (Ujian Tes Tulis)
— KLIK HALAMAN 2 —

Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *