Untuk lebih dapat mempersiapkan diri menghadapi US (Ujian Sekolah) maka pastikan kalian memperbanyak literasi materi, memahami konsep, serta berlatih mengerjakan soal-soal.

Diantaranya contoh-contoh soal yang akan diujikan adalah sebagai berikut:
Cakupan materi untuk PART 2:  
1. Virus
2. Monera


Latihan soal bermanfaat untuk mengulas kembali materi yang mungkin dipelajari pada waktu yang lampau sehingga dapat kembali diingat dan difahami sehingga memudahkan kalian untuk belajar.

SOAL 1
Perhatikan pernyataan berikut:
Penyakit mozaic tembakau disebabkan oleh mikroorganisme yang sangat kecil. Hal ini dikarenakan setelah cairan ekstrak daun tanaman tembakau yang sakit disaring menggunakan saringan bakteri, cairan ekstrak tersebut tetap dapat menginfeksi tembakau yang sehat. Dalam hal ini disimpulkan bahwa penyakit Mosaic tembakau disebabkan oleh mikroorganisme yang berukuran jauh lebih kecil dari bakteri, yang kemudian kita kenal sebagai virus.
Pernyataan diatas merupakan eksperimen yang dilakukan oleh…
A. Dimitri Ivanonsky
B. Martinus Beijerinck
C. Aristoteles
D. Adolf Mayer
E. Wendell M. Stanley

Jawaban: A. Dimitri Ivanonsky
Pembahasan:
Percobaan Adolf Meyer:
Mayer melakukan percobaan sederhan dengan mengekstrak cairan dari daun yang terserang penyakit dan mengoleskannya pada daun tanaman yang sehat. Saat dilakukan pengamatan daun tanaman yang sehat menimbulkan gejala penyakit yang sama dengan tanaman sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwa didalam ekstrak daun yang sakit mengandung agensia penyebab penyakit.
Percobaan Dimitri Ivanonsky
Pada tahun 1892 seorang ahli tanaman asal Rusia bernama Dimitri Ivanowski melakukan percobaan ulang terhadap percobaan yang pernah dilakukan Adolf Mayer. Cairan ekstrak dari daun sakit sebelum dicobakan pada daun sehat disaring terlebih dahulu menggunakan membran filter khusus untuk menyaring bakteri. Filtrat yang dihasilkan dari filtrasi kemudian dioleskan pada daun tanaman sehat.Setelah dilakukan pengamatan ternyata menimbulkan gejala penyakit yang sama seperti tanaman awal. Hal ini meyakinkan Ivanowski bahwa agensia penyebab penyakit yang berada didalam cairan berukuran lebih kecil dari bakteri pada umumnya.
Percobaan Martinus Beijerinck
Martinus Beijerinck seorang ahli mikrobiologi melakukan percobaan ulang mengenai penyakit pada tanaman tembakau. Dia mengamati adanya suatu agensia dalam cairan yang mampu melewati filter dan mampu menimbulkan penyakit yang sama. Cairan penyebab penyakit ini dinamakan Contagium Vivum Fluidium yang kemudian disebut dengan istilah virus.
Percobaan Wendell M. Stanley
Beberapa tahun kemudian serang ahli biokimia dan virologi asal Amerika bernama Wendell Meredith Stanley menyatakan bukan cairannya yang menyebabkan penyakit, akan tetapi terdapat agensia lain yang disebut partikel yang aktif didalam cairan. Lalu ditahun yang sama ditemukan juga agensia penyebab penyakit pada mulut sapi yang kasusnya mirip dengan  agensia penyebab penyakit pada daun tembakau.

SOAL 2
Perhatikan ciri-ciri mikroorganisme berikut:
1.  Tubuh tersusun dari DNA atau RNA saja
2.  Memiliki sifat selalu merugikan
3.  Hanya dapat bereplikasi di dalam sel inang
4.  Terdiri atas satu sel
5.  Dapat membentuk kristal
Ciri-ciri yang dimiliki virus terdapat pada nomor ….
A.  1, 2 dan 3
B.  1, 3 dan 5
C.  1, 2 dan 5
D.  2, 3 dan 4
E.   2, 3 dan 5

Jawaban: B.  1, 3 dan 5
Pembahasan:
Ciri – ciri virus:
– bersifat Aseluler (bukan terdiri dari satu sel), terdiri dari DNA atau RNA saja yang diselubungi oleh protein kapsid
– bersifat parasit obligat (hanya dapat hidup dan bereplikasi/memperbanyak diri pada sel inang)
– dapat dikristalkan dan hidup kembali manakala ditempatkan pada sel inang yang sesuai

SOAL 3
Perhatikan struktur virus berikut ini:

Bagian tubuh virus yang akan diinjeksikan ke dalam tubuh inang adalah….
A. 1
B. 3
C. 2
D. 5
E. 4

Jawaban: B. 3
Pembahasan:
nomor 3 merupakan materi genetik (DNA/RNA) yang ada pada tubuh virus dan diinjeksikan ke tubuh inannya untuk selanjutnya akan bereplikasi menghasilkan virus-virus baru di tubuh inang melalui daur litik maupun daur lisogenik. Berikut anatomi virus pada umumnya:

Cek video berikut untuk mengetahui bagaimana virus bereplikasi melalui daur litik maupun daur lisogenik:

yuk lanjut ke halaman 2

Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *