Buat sebuah analisis dari STUDI KASUS berikut ini. Pilih salah satu dari kasus yang ditanyakan kemudian buatlah solusi atas permasalahan tersebut. Kerjakan di buku tulismu (ditulis) dan bawa saat uji kompetensi lisan.

SEL & PERPINDAHAN ZAT
1. Kanker merupakan salah satu penyebab kematian umat manusia di muka bumi. Apa yang dimaksud dengan sel kanker dan bagaimana sel tersebut bisa berbahaya bagi tubuh? Uraikan cara kerja sel kanker menginfeksi sel tubuh dan juga cara mengatasi serangan kanker tersebut!
2. Sel tubuh kita memiliki jenis yang beranekaragam. Gambarkanlah 20 bentuk sel tubuh, sertakan peranannya bagi tubuh, serta lokasi ditemukannya!

JARINGAN HEWAN & TUMBUHAN
1. Memperbanyak tumbuhan saat ini dapat menggunakan metode kultur jaringan. Metode ini menggunakan bagian kecil tumbuhan untuk kemudian ditumbuhkan di lab menjadi tumbuhan utuh tanpa proses fertilisasi. Jelaskan bagaimana proses memperbanyak tumbuhan melalui kultur jaringan, langkah-langkahnya, keunggulan dan kesulitannya?
2. Plasenta bayi atau kita kenal sebagai ari-ari umumnya di kubur di tanah. Namun di abad ini plasenta tersebut disimpan dalam bank plasenta dan digunakan untuk pengobatan penyakit degeneratif pemilik plasenta saat tua nanti. Bagaimana plasenta bisa menjadi solusi pengobatan di masa depan? Jelaskan

SISTEM GERAK
1. Saat usia tua umumnya terjadi berbagai gangguan sistem gerak diantaranya osteophorosis yang peluangnya banyak di derita perempuan ketimbang laki-laki. Apa yang menyebabkan Hal apakah yang menjadikan perempuan menjadi lebih rentan osteoporosis ketimbang laki-laki? Dan bagaimana cara mencegah serta mengobatinya?
2. Manakala patah tulang (fraktura) terjadi semisal pada korban kecelakaan terdapat prosedur medis yang harus dilakukan mulai dari diagnosis hingga operasi. Uraikan prosedur medis dan langkah langkah untuk mengobati pasien patah tulang serta bandingkan resikonya dengan dukun urut patah tulang yang terkadang menjadi alternatif dalam pengobatan patah tulang!

SISTEM PEREDARAN DARAH
1. Gangguan leukimia merupakan kelainan darah yang umumnya ditandai dengan produksi sel darah putih secara abnormal dan dikenal juga dengan nama kanker darah. Uraikan gejala, penyebab, dan mekanisme pengobatan dari penyakit leukimia tersebut!
2. Darah pada manusia memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Darah bisa di transfusi dari satu orang ke orang yang lain. Uraikan bagaimana konsep transfusi darah pada manusia, faktor-faktor yang harus diperhatikan saat akan transfusi darah, mekanisme transfusi darah serta resiko yang dihadapi manakala terjadi kesalahan dalam proses transfusi darah!
3. Terdapat dua golongan darah berdasarkan rhesus yaitu rhesus positif dan rhesus negatif. Pernikahan antara sepasang suami istri yang berbeda rhesus beresiko keguguran pada bayi yang dikandungnya. Uraikan jenis penyakit yang diakibatkan oleh perbedaan rhesus antara kedua orang tua ini, bagaimana mekanismenya hingga menyebabkan keguguran, dan adakah cara menanggulangi serta mencegah resiko tersebut!

SISTEM PENCERNAAN
1. Infeksi pada usus buntu dan umbai cacing merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan manusia. Adakah gangguan tersebut dipengaruhi oleh pola konsumsi maupun aktivitas manusia? Apakah penyebab utama seseorang menderita usus buntu dan bagaimana mekanisme diagnosis serta pengobatan terhadap pasien usus buntu?
2. Mie instan merupakan makanan yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Pada mie instan terdapat keunggulan dan resiko apabila mengkonsumsinya. Apakah bahan bahan yang terkandung dalam mie instan sehingga dapat digemari banyak orang? Bagaimana resiko kesehatan yang akan di derita apabila kita sering mengkonsumsi mie instan? Apakah informasi tentang mie instan yang beredar selama ini adalah benar atau hoax terkait pengaruh mie instan pada kesehatan? buat uraian yang lengkap!
3. Lambung pada manusia dapat mengeluarkan sekret pencernaan yang dapat mencerna berbagai macam zat yang kita konsumsi. Saat kita lapar lambung akan berbunyi. Bagaimanakah mekanisme keroncongan yang terjadi pada lambung bilamana kita lapar? Apa resikonya jika saat lapar kita terus menahannya dan juga apabila kita enggan sarapan pagi? Apa yang terjadi apabila lambung kita bocor? Bagaimana proses pengobatannya jika hal itu terjadi?

SISTEM PERNAFASAN
1. Rokok merupakan salah satu zat adiktif yang memiliki jutaan bahaya bagi orang yang mengkonsumsinya. Sebutkan 20 zat berbahaya pada rokok dan akibatnya apabila dikonsumsi terus menerus!
2. Penderita asma terkadang memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kambuhnya asma menjadi kekhawatiran tersendiri bagi penderita maupun orang-orang terdekat. Apa yang menyebabkan asma bisa kambuh dan bagaimana cara mengatasinya? Apa yang harus kita lakukan dan tidak boleh kita lakukan jika rekan terdekat kita asmanya kambuh?

SISTEM EKSKRESI
1. Ginjal merupakan harta berharga bagi manusia. Kerusakan ginjal mengharuskan seseorang harus melakukan cuci darah sepanjang waktu. Bagaimanakah mekanisme cuci darah pada manusia? Apa yang mengharuskan seseorang melakukan cuci darah? Adakah syarat dan pantangan dalam pengobatan cuci darah tersebut? Dan bagaimana resiko cuci darah pada penderita gangguan ginjal?
2. Umumnya seseorang yang sudah tua akan mengalami beser/kesulitan menahan buang air kecil yang menyebabkan ia mengompol tanpa kendali. Sebutkan hal-hal yang dapat menyebabkan seorang manula mengalami beser? Bagaimana cara mencegah dan mengobatinya? Adakah terapi tertentu untuk membuat seorang manula bisa sembuh kembali!

SISTEM KOORDINASI SYARAF, INDERA, HORMON
1. Pada penderita stroke terjadi kesulitan mengkoordinasi organ gerak pada tubuhnya seperti tangan dan kaki. Kondisi ini dikenal dengan istilah lumpuh. Apa hubungan antara stroke dan kehilangan kemampuan koordinasi pada pasien stroke? Di titik mana yang menyebabkan seseorang kehilangan kemampuan bergeraknya? Apakah seseorang yang terkena stroke bisa pulih kembali? Jika bisa jelaskan terapi yang harus dilakukan!
2. Indera peraba pada manusia terkadang mengalami kondisi merinding, semisal pada rambut yang terletak di tengkuk leher saat kita ketakutan. Apakah kondisi yang dapat mengakibatkan rambut di leher/tengkuk berdiri saat kita mengalami kondisi ketakutan? Jelaskan mekanisme cara kerja tubuh saat rambut pada lokasi tertentu berdiri? Apa sajakah bagian tubuh yang berperan dalam membuat kondisi seperti itu?
3. Penderita diabetes umumnya dikarenakan rendahnya kadar hormon insulin dalam tubuh sehingga gula darah tak bisa diubah menjadi gula otot. Apa sajakah resiko gangguan tubuh akibat gula darah yang berlebihan pada penderita diabetes? Bagaimanakah mekanisme terapi hormon insulin yang digunakan melalui suntikan? Adakah resiko efek sampingnya bagi tubuh?

SISTEM REPRODUKSI
1. Sperma yang tidak sehat terkadang merupakan penyebab utama dari ketidaksuburan pada pria. Apa yang menyebabkan sperma dapat digolongkan ke dalam sperma yang tidak sehat? Bagaimana cara mencegah dan mengobatinya? Apakah indikator yang bisa kita amati saat menentukan sperma yang kita miliki adalah sperma yang sehat atau yang tidak sehat?
2. PCOS merupakan kelainan yang menjadi penyebab kesulitan memiliki keturunan disebabkan oleh ukuran sel ovum yang terlalu kecil. Mengapa PCOS bisa terjadi? Apakah kita bisa mendiagnosis seseorang menderita PCOS atau tidak? Pengobatan apakah yang bisa dilakukan oleh penderita PCOS agar dapat memiliki keturunan?
3. Konsumsi rokok baik oleh perokok aktif maupun perokok pasif berkontribusi negatif bagi kesuburan pasangan suami istri. Jelaskan 10 zat-zat pada rokok yang dapat menyebabkan gangguan organ reproduksi sehingga seseorang akan kesulitan memiliki keturunan? Uraikan cara kerja kesepuluh zat zat tersebut dalam merusak organ reproduksi baik pada pria maupun pada wanita!

SISTEM IMUN
1. Demam merupakan reaksi tubuh terhadap infeksi yang hadir. Demam juga memiliki resiko bagi tubuh apabila terjadi terus menerus dan semakin intens. Penggunaan obat penurun demam sangat dianjurkan oleh dokter untuk penanganan sementara terhadap infeksi penyakit diantaranya adalah paracetamol dan ibu-profen. Apakah perbedaan dari paracetamol dan ibu-profen sebagai obat penurun demam? Apakah kelebihan dan kekurangan masing-masing? Efek samping apakah yang ditimbulkan untuk pemakaian terus menerus secara jangka panjang?
2. Ular berbisa memiliki kadar bisa yang berbeda-beda. Mulai dari infeksi serius hingga kematian adalah resiko digigit oleh ular berbisa. Bagaimana cara kita membedakan ular yang berbisa dengan ular yang tidak berbisa. Bagaimana mengatasi gigitan ular berbisa? Apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan apabila seseorang digigit oleh ular berbisa?
3. Saat pandemi Covid-19, para penderita covid yang berhasil sembuh diajak untuk melakukan donor darah untuk mengekstrak plasma konvalesen yang dapat membantu penyembuhan bagi pasien covid yang lain. Apakah itu plasma konvalesen? Bagaimana peranan plasma konvalesen dalam membantu menyembuhkan pasien Covid-19? Bagaimana syarat untuk bisa membantu pasien Covid melalui plasma konvalesen?

Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *