Jangan bilang mustahil untuk kuliah,
karena kita sudah merdeka,
rajinlah belajar, dan pastikan kamu menjejakkan kaki
sebagai barisan terpelajar yang siap membangun bangsa
melalui tangga-tangga pendidikan
 
 
Untuk kalian semua yang tahun ini bingung mau kuliah dimana apalagi terganjal oleh masalah biaya, informasi berikut bisa jadi penambah wawasan kalian bahwa problematika biaya kuliah dapat diatasi melalui program KIP Kuliah.
 
“Melalui Program Indonesia Pintar, Pemerintah Indonesia mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) sejak tahun 2020 sebagai salah satu bentuk bantuan pendidikan yang diberikan kepada lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau akademi. KIP Kuliah harus dapat dimanfaatkan oleh lulusan SMA, SMK atau sederajat di seluruh Indonesia, untuk dapat menempuh pendidikan tinggi agar dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa sekaligus meningkatkan taraf ekonomi keluarga masing-masing”
(Ainun Na’im, Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
 
~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Bagaimana caranya untuk bisa ikut dalam program KIP kuliah? 

Jawab:

SYARAT PENERIMA KIP KULIAH

1. Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan (tahun 2022 maksudnya) atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya (eh bisa juga lho untuk lulusan tahun 2010 dan 2021).
2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah. (untuk kalian yang berasal dari kalangan kurang mampu, kalau untuk yang mampu nanti ada kok beasiswa lainnya, pantengin terus blog ini ya).
3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa barumelalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi (bisa di kampus negeri maupun kampus swasta juga ya)
 
~~~~~~~~~~~~~~~~~

Apa batasan dari kriteria ‘keterbatasan ekonomi’ pada syarat penerima program KIP kuliah? 

jawab:
Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan :
1. kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP)
2. berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH);
3. pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
4. mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan,
5. mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
 
Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan: 
1. pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan* 
atau 
2. pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).**
 
Catatan: 
*pendapatan kotor ini bisa dibuktikan dengan slip gaji perusahaan/tempat bekerja atau bisa juga berupa surat keterangan pendapatan dari pemerintah setempat, RT/RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan. Surat keterangan pendapatan berisi pernyataan pendapatan kotor gabungan orang tua rata-rata perbulan yang didapat apabila orang tua merupakan pekerja mandiri/wirausaha kecil yang mana terkadang tidak bisa mengeluarkan slip gaji. 
**Misalnya pendapatan kotor orang tua ternyata lebih dari Rp4.000.000, semisal Rp5.600.000 tetapi dirumah ada 8 anggota keluarga (tercatat pada KK). Nah 8 anggota keluarga (ayah, ibu, dan 6 anak) inilah yang menjadi pembagi gaji dimana Rp5.600.000 : 8 orang = Rp700.000 maka kamu masuk prasyarat karena masih dibawah Rp750.000. Dari sekarang KK diperbaharui ya jikalau belum sempat diurus sejak kemarin. Apalagi jika ada banyak anak dalam satu rumah
 
~~~~~~~~~~~~~~~~~

Waktu Pendaftaran KIP KULIAH

*Putar ponsel Anda secara horizontal jika tabel ini terpotong

# Kegiatan Dibuka Ditutup
1 Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah 02 Februari 2022 31 Oktober 2022
2 SNMPN 07 Februari 2022 17 Maret 2022
3 SNMPTN 13 Februari 2022 27 Februari 2022
4 UTBK-SBMPTN 22 Maret 2022 14 April 2022
5 SBMPN 05 April 2022 29 Juni 2022
6 Seleksi Mandiri PTN 01 Juni 2022 07 Oktober 2022
7 Seleksi Mandiri PTS 08 Juni 2022 31 Oktober 2022

Keterangan:
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu


Apa saja fasilitas dari KIP Kuliah?

Jawab:
1. Bebas biaya pendaftaran seleksi perguruan tinggi negeri (Ujian Tulis Berbasis Komputer/UTBK) serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos). Jadi nanti UTBK gratis ya. Tinggal memikirkan proses belajar giat untuk meraih skor maksimal agar tembus SBMPTN.

 

2. Pembebasan biaya kuliah/ pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi. Jadi kuliah nanti bisa gratis, baik di negeri maupun di swasta yang terdaftar di website KIP Kuliah.

 

3. Bantuan biaya hidup, mulai tahun akademik 2021/2022 biaya hidup ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal dari masing-masing wilayah Perguruan Tinggi. Jadi ada uang saku yang kamu dapat dengan harapan bisa memudahkan perkuliahan kamu.
Berikut pressrelease terakit dengan bantuan KIP KULIAH

 

1. Sesuai pedoman pendaftaran KIP Kuliah, peserta KIP Kuliah adalah siswa SMA/sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya, memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada Prodi dengan Akreditasi A atau B (dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C).

2. Keunggulan bagi penerima KIP Kuliah: pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk PT, pembebasan biaya kuliah dan memperoleh bantuan biaya hidup.

3. Puslapdik akan membayarkan biaya kuliah sebesar Rp. 2.4 jt/semester langsung ke PT.

4. Siswa penerima program KIP Kuliah akan memperoleh bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700rb/bulan yang dibayarkan setiap semester, sesuai masa studi normal (S1 maksimal 8 Semester, total selama studi maksimal Rp. 33.6 jt; D3 maksimal 6 Semester, total selama studi maksimal Rp. 25.2 jt; D2 maksimal 4 Semester, total selama studi maksimal Rp. 16.8 jt; D1 maksimal 2 Semester, total selama studi maksimal Rp. 8.4 jt).

5. Untuk mahasiswa pada Prodi yang harus mengikuti Program Profesi juga akan menerima pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup (seperti poin 4 dan 5). Profesi Dokter, Dokter Gigi dan Dokter Hewan akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 4 semester (total selama studi maksimal Rp. 16.8 jt). Sedangkan untuk Profesi Ners, Apoteker dan Guru akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 2 semester (total selama studi maksimal Rp. 8.4 jt).

 

 

 

~~~~~~~~~~~~~~~~~

Bagaimana cara mendaftar KIP Kuliah?

Jawab:
Tata cara pendaftaran KIP Kuliah untuk seluruh jalur masuk (SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN dan Mandiri) dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
 

Pendaftaran juga dapat dilakukan secara mobile dengan terlebih dahulu mengunduh dan melakukan instalasi KIP Kuliah mobile apps berbasis android di Play Store. Penerima KIP Kuliah ditetapkan oleh Puslapdik atas usulan Perguruan Tinggi setelah mahasiswa melakukan registrasi di Perguruan Tinggi.

 

 
~~~~~~~~~~~~~~~~~

Berkas apa sajakah yang harus disiapkan untuk mendaftar KIP Kuliah?

Jawab:

 

1. Nomor Induk Kependudukan (NIK); nah cek validasi NIK di disdukcapil. Karena kadang ada NIK yang ternyata belum divalidasi.

 

2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); pastikan NISN nya benar ya, cek di operator sekolah, cek juga di ijazah SMP, dan juga cek di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ karena berdasarkan pantauan terkadang ada siswa yang NISN nya bermasalah, ganda, atau bahkan salah data

 

3. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). bisa cek di web sekolah kalian atau di https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php

 

4. Email yang aktif untuk pengiriman Nomor Pendaftaran dan Kode Akses setelah sistem KIP Kuliah berhasil melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN. Email ini dibuat sesuai nama kalian ya. Misal Nur Hasanah, bisa pakai email nurhasanah1234@gmail.com, jangan sampai pakai nama pacar semisal nurchayangasep@gmail.com (mentang-mentang pacarnya Asep) atau nurbebebhyunbin@gmail.com (mentang-mentang ngidol sama aktris korea)

 

 
~~~~~~~~~~~~~~~~~

Bagaimana alur pendaftaran KIP Kuliah?

 

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah:

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps*;
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah**;
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.  Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host. 
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

* segera tersedia di Google Play Store

** NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.

Jenis – jenis seleksi yang bisa mendapatkan beasiswa KIP KULIAH bisa kamu cari infonya dalam info website https://www.belajaritumemangasyik.com/  ya!
 
Prosedur dan informasi terkait KIP Kuliah dapat dibaca di SINI

PETUNJUK PENGISIAN FORMULIR KIP KULIAH SILAHKAN KLIK DI SINI
PANDUAN MENGISI FORMULIR
 

 

INFORMASI PENDAFTARAN KULIAH PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN POLITEKNIK NEGERI YANG BISA MEMPEROLEH KIP KULIAH

– Informasi SNMPTN KLIK DISINI 
– Informasi UTBK SBMPTN 
KLIK DISINI
– Informasi SNMPN 
KLIK DISINI (NEW)

Bagi yang masih bimbang, ragu, bingung, yuk diskusi di kolom komentar

 
~~~~~~~~~~~~~~~~~
 
Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga tidak mampu, jangan pernah mengubur mimpi untuk kuliah. Karena bisa jadi kuliah itu akan menjadi jembatan untuk mengubah nasib keluarga kalian. Jangan terlalu pusing memikirkan biaya, lebih fokus pada persiapan test. Karena rejeki kita tak tau dari mana datangnya. Manakala kamu diterima di Perguruan Tinggi atas kerja keras yang kamu lakukan, kamu akan memberikan setoreh kebanggaan dihati kedua orang tuamu, baik yang masih ada maupun yang sudah tiada.
 
Persiapkan dirimu. Bulatkan tekad. Tahun ini saya akan mengabarkan ke mamak saya yang dorong gerobak jamu, jaga warung, atau dagang sayur saya bisa keterima kuliah, ke ayah saya yang seharian macul sawah, dorong gerobak, nyupir angkot atau narik ojek bahwa saya bisa kuliah, atau bahkan diatas pusara makam ayah/ibu saya yang ternyata sudah lebih dahulu menghadap yang kuasa bahwa anaknya bisa menjadi kebanggaan. Untuk urusan biaya, semoga bisa diwujudkan melalui KIP kuliah.
 
Maju terus generasi muda Indonesia. Tak peduli apa latar belakang ekonomi keluargamu, pastikan bahwa belajar sudah merdeka dan semua orang bisa mencapai pendidikan setinggi-tingginya.
 

Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *