UTBK SBMPTN semakin dekat, siswa kelas XII yang hendak mengikuti UTBK SBMPTN (Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jangan lupa mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Pastikan kalian sudah mendaftar dan memiliki akun LTMPT (Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi).

Berikut tips-tips bagi kalian yang akan mendaftarkan diri dan membuat akun LTMPT.

1. Pastikan data base kalian di sekolah sudah benar.
Data setiap siswa yang bersekolah pastinya akan terinput di aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Dapodik ini memuat berbagai data yang kalian miliki mulai dari data pribadi (nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan lain sebagainya), data orang tua, data sekunder (hobi, jarak rumah ke sekolah, dan lain-lain), hingga data rekam jejak pendidikan kalian mulai dari SD/MI/sederajat, SMP/MTs/sederajat, hingga SMA/SMK/MA/sederajat. Data tersebut harus kalian pastikan benar khususnya Nama, NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), Tempat tanggal lahir, dan juga data orang tua. Karena pastinya semua data tersebut akan disinkronisasi dengan ijazah. Jadi ada pada beberapa siswa yang memiliki kendala sebagai berikut:

a) Nama pada Dapodik, Akte Kelahiran, KTP, KK, dan ijazah sebelumnya misal ijazah SMP ternyata ada perbedaan. Nah, jika ini terjadi segera ajukan perbaikan. Karena jika ternyata nanti nama di ijazah tercetak berbeda dikhawatirkan berimbas pada pendaftaran di Universitas.

b) NISN ganda. Terkadang bagi kalian yang berpindah-pindah sekolah sewaktu SD adakalanya dibuatkan NISN beberapa kali. Nah NISN ini memiliki nomor yang berbeda-beda. Masalahnya NISN ini juga komponen yang akan dicantumkan pada ijazah. Pastikan NISN mu benar ya.

c) Tempat tanggal lahir berbeda-beda pada Dapodik, Akte kelahiran, KTP, KK, maupun ijazah jenjang sebelumnya.

d) Nama orang tua berbeda di Dapodik dengan akte kelahiran maupun KK. 
Perbedaan data di Dapodik bisa terjadi dikarenakan kesalahan input Dapodik pada jenjang sebelumnya. Perbedaan juga mungkin terjadi akibat kesalahan saat pembuatan Akte, KK, maupun KTP di Disdukcapil. Jika terjadi perbedaan maka pastikan bisa diperbaiki sejak dini.

2. Pastikan sekolah kalian sudah memiliki Dapodik.
Jika sekolah kalian belum memiliki Dapodik maka akan terkendala saat sinkronisasi data. Hal ini dikarenakan akun LTMPT akan terkoneksi dengan Dapodik sekolah. Bagi sekolah baru yang baru saja memiliki Dapodik bulan Januari pendaftaran LTMPT untuk sekolah baru sudah dilakukan. Jika sekolahmu sudah mendaftarkan diri pastinya data kalian akan terkoneksi ke akun LTMPT. Sekolah yang memiliki Dapodik ditandai dengan kepemilikan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Jika belum memiliki NPSN berarti sekolah kalian belum terdaftar di data Kemendiknas.

3. Gunakan email yang wajar dan aktif

Saat hendak dilakukan pengisian email pastikan email kalian dalam kondisi aktif dan kalian ingat password nya ingat dan bisa dibuka. Jangan asal memasukkan email dikarenakan nanti ada proses aktivasi melalui email. Nama emailnya juga dibuat wajar. Misal namanya Ujang, emailnya bisa menggunakan nama [email protected]. Jangan emailnya malah pakai nama [email protected] karena maksudnya supaya keren. Penamaan email yang tidak wajar sebaiknya dihindari.

4. Pengisian data dengan teliti
Pastikan saat kalian mengisi data, data diisi dengan benar sesuai fakta yang ada. Data juga harus sama dengan data pada berkas-berkas yang kalian miliki. Termasuk untuk data nomor telepon/ponsel. Pastikan nomor telepon kalian tidak berganti-ganti. Pakailah nomor telepon/ponsel yang valid dikhawatirkan sewaktu-waktu dibutuhkan untuk konfirmasi.

5. Pergunakan foto yang sesuai aturan

Pastikan foto yang kalian upload adalah foto yang formal. Bukan foto selfie atau foto dengan gaya yang menghalangi wajah. Pastikan rasio wajah pada pasfoto sesuai dengan petunjuk di aplikasi. Jangan terlalu besar juga terlalu kecil. Wajah harus terlihat tidak ditutupi oleh masker, anggota tubuh, maupun bahan pakaian seperti cadar dan syal.

6. Periksa kembali sebelum finalisasi
Sebelum finalisasi data pastikan kalian meneliti betul semua data pengisisan. Koreksi berkali-kali agar memastikan data yang diinput sudah benar. Khusus untuk SBMPTN, pastikan pemilihan jurusan sudah tepat sesuai yang kalian inginkan. Untuk peserta KIP pastikan akun kalian terkoneksi dengan data KIP. Jangan sampai nanti masuknya akun reguler. 

TAHAPAN PEMBUATAN AKUN LTMPT

PEMBUATAN DAN AKTIVASI AKUN
1. Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id dan pilih tautan Daftar di sini.
2. Pilih menu siswa
3. Masukkan NISN, NPSN dan tanggal lahir. Tekan tombol Selanjutnya.
(kesalahan data pada Dapodik dapat menimbulkan kendala saat kalian menginput NISN, NPSN, dan tanggal lahir)
4. Masukkan email aktif dan password
(Harap diingat-ingat, email harus aktif, karena nanti akan ada tahapan verifikasi, password dan email kalian ingat untuk nantinya membuka akun LTMPT)
5. Setelah klik tombol daftar, akan muncul notifikasi aktivasi akun.
6. Buka inbox/spam email Anda. Lakukan aktivasi akun.
(Jika tidak ditemukan di inbox kadang tombol aktivasi terkirim ke bagian spam, buka pesan yang terkirim dan lakukan aktivasi)
7. Setelah akun aktif lakukan login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
8. Sampai disini akun LTMPT kalian siap diisi data yang dibutuhkan

PENGISIAN AKUN LTMPT
1. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
2. Anda akan diarahkan menuju dashboard portal LTMPT. Pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa (VERVAL).
3. Di halaman verifikasi data siswa. Periksa data Anda dengan seksama. Isi kolom NIK, agama, alamat, nomor telepon, dan yang masih kosong. Apabila ada kesalahan data, lakukan perubahan melalui sekolah Anda. Kemudian tekan tombol Perbarui Data
4. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman verifikasi riwayat sekolah. Mohon untuk memeriksa kevalidan data. Jika terdapat kesalahan mohon untuk melakukan perbaikan melalui sekolah, setelah itu tekan tombol .
5. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman unggah pasfoto. Unggah pasfoto terbaru Anda sesuai dengan ketentuan yang tertera.
6. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman penyesuaian pasfoto.
7. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman konfirmasi data.
8. Pastikan data Anda sudah benar. Jika sudah yakin, centang pernyataan dan tekan tombol Simpan permanen.
9. Jika sudah simpan permanen maka data Anda tidak dapat diubah kembali. Silahkan unduh bukti permanen dengan mengklik tombol berwarna merah.
10. Silahkan simpan bukti permanen di tempat yang aman, jangan sampai hilang.

Ilustrasi petunjuk pembuatan akun LTMPT dapat kalian unduh/download disini ya:
JUKNIS PEMBUATAN AKUN LTMPT

PENGGUNAAN AKUN LTMPT

1. Usai dibuat akun LTMPT kalian nantinya akan dipergunakan untuk mendaftarkan diri dalam UTBK SBMPTN.
2. Pastikan kalian mengikuti UTBK SBMPTN, dikarenakan kalaupun tidak lulus SBMPTN, nilai UTBK kalian masih cukup berharga untuk dapat mengikuti UJIAN MANDIRI di Perguruan Tinggi Negeri. Dikarenakan beberapa ujian mandiri di PTN  banyak juga yang menggunakan nilai UTBK. Selain itu Sekolah Kedinasan STAN infonya juga menggunakan nilai UTBK. 
3. Selain memproses pendaftaran SBMPTN pastikan juga kalian mempersiapkan diri untuk belajar dan banyak-banyak berdo’a.
4. Semoga kalian semua lulus diterima di Kampus yang kalian inginkan.

PROBLEM LTMPT

A. LUPA PASSWORD AKUN LTMPT
Jika kamu sudah membuat akun LTMPT sebelumnya atau sudah mengikuti SNMPTN dan menggunakan akun LTMPT sebelumnya kemudian lupa password maka lakukan langkah-langkah berikut:

1. Ketik di google LUPA PASSWORD LTMPT

2. Kemudian klik link Lupa Password, akan muncul tampilan sebagai berikut

3. Masukkan email yang kalian gunakan untuk mendaftar LTMPT

4. Klik tombol biru LUPA PASSWORD

5. Maka akan ada email masuk ke inbox/spam email kalian untuk melakukan RESET PASSWORD

B. LUPA EMAIL DAN PASSWORD EMAIL AKUN LTMPT

Ini lebih gawat lagi, karena tak bisa verifikasi melalui email yang digunakan untuk mendaftar karena emailnya lupa. Maka yang harus kalian lakukan adalah:

mengirimkan data berikut ke helpdesk LTMPT 2021.
  1. Nama Lengkap Siswa.
  2. NISN Siswa.
  3. NPSN Sekolah.
  4. NIK Siswa.
  5. dan Alamat Lengkap.
  6. Bisa juga ditambah nomor handphone yang aktif yang bisa dihubungi.

    Bisa dengan membuat tiket bantuan di https://halo.ltmpt.ac.id/
    Helpdesk & Call Center. Layanan Call Center LTMPT Di Nomor. 0804-1-450-450.
    Jam layanan: 08.00 – 18.00










Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *