Salah satu cara memulai karir jika kalian ternyata tidak memiliki peluang untuk melanjutkan di jenjang Perguruan Tinggi/Universitas adalah dengan cara melamar kerja. Namun melihat persaingan yang sangat ketat dari lulusan SMA dan SMK maka sulit bagi masing-masing pelamar kerja yang tidak memiliki poin skill lebih untuk menjamin diterima kerja di perusahaan yang membuka lowongan. Ada sebuah trik agak bisa memperbesar peluang bagi para pelamar kerja fresh graduate SMA/SMK ini yaitu dengan cara mengikuti program di Balai Latihan Kerja. Program pelatihan kerja umumnya menyerdiakan sertifkasi dan jalinan kerjasama dengan perusahaan yang banyak membutuhkan tenaga kerja. Dengan adanya sertifikasi ini merupakan nilai lebih bagi pelamar kerja yang akan bersaing dengan sesama pelamar kerja khususnya lulusan SMA dan SMK. Keterampilan yang didapat di Balai Latihan Kerja juga selain bisa dipergunakan untuk berwirausaha juga merupakan nilai lebih dimata perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk meyakinkan bahwa harus merekrut atau membuang lamaran kerja yang masuk. Salah satu balai latihan kerja yang ada di Bekasi adalah Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) CEVEST

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi lebih dikenal dengan nama CEVEST yang merupakan kepanjangan dari Centre for Vocational and Extention Service Training. CEVEST didirikan pada tahun 1985 dengan bantuan dari pemerintah Jepang sebagai bentuk kerjasama dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di kawasan ASEAN. CEVEST diresmikan oleh Perdana Menteri Jepang, Zenko Suzuki, sementara dari Indonesia diwakili oleh Sudomo selaku Menteri Tenaga Kerja dan Hartanto sebagai Menteri Perindustrian.

Lembaga pengembangan pelatihan kerja ini sempat mengalami beberapa kali perubahan nama. Mulai dari Diklat Instruktur CEVEST pada tahun 1986, kemudian Balai Latihan Instruktur dan Pengembangan (BLIP) pada tahun 1990, hingga menjadi Pusat Pengembangan Pelatihan Tenaga Kerja Industri Jasa (P3TKIJ) pada tahun 2001. Pada tahun 2002, dengan ditambahnya tugas dan fungsi CEVEST untuk melaksanakan pelatihan kerja keluar negeri, maka lembaga pengembangan pelatihan yang merupakan unit kerja Eselon III ini berubah menjadi unit kerja Eselon II dengan nama Pusat Pelatihan Kerja Tenaga Kerja Luar Negeri (Puslatker TKLN).Pada tahun 2006, CEVEST diberi nama Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri (BBPLKLN), hingga akhirnya pada tahun 2017 berubah nama menjadi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) hingga saat ini.

 BBPLK Cevest Bekasi memiliki 4 Kejuruan yaitu:
1. Teknik Elektronika
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi
3. Refrigerator
4. Perhotelan

Berikut brosur BBPLK Cevest Bekasi


Berikut alur perdaftaran BBPLK:

Kalian dapat mengakses website: https://pelatihan.kemnaker.go.id/ dan mengikuti alur pendaftaran disana.

Untuk informasi seputar BBPLK Bekasi dapat kalian akses pada link: https://blkbekasi.kemnaker.go.id/home

Untuk informasi lowongan kerja silahkan mengakses link: https://blkbekasi.kemnaker.go.id/loker

Pastikan untuk bekal sebelum melamar kerja kalian memahami:
1. Tips dan trik melamar kerja (baca disini: KLIK )
2. Memiliki sertifikat keahlian
3. Usaha serta do’a tanpa henti
Karena masa depan akan digenggam oleh orang-orang yang memiliki ilmu dan keterampilan.

Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *