Monitoring dan Evaluasi Ujian Sekolah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pengawas pembina dinas pendidikan pada saat berlangsungnya Ujian Sekolah jenjang SMA. Ujian Sekolah jenjang SMA pada tahun ini berlangsung pada tanggal 29 Maret s.d. 9 April 2021. Kegiatan Ujian Sekolah pada tahun 2021 ini berlangsung secara daring dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Hal ini mengharuskan siswa-siswi kelas XII jenjang SMA melaksanakan Ujian Sekolah dari rumah masing-masing. Sekolah pun melakukan berbagai inovasi terkait dengan mekanisme Ujian Sekolah menggunakan berbagai fasilitas yang ada diantaranya ada yang menggunakan google form yang disediakan gratis oleh google, aplikasi ujian berbayar seperti edubox dan lainnya, maupun membangun porta ujiannya sendiri melalui aplikasi CBT online. Kunjungan monitoring dan evaluasi pengawas pembina pada sekolah binaan berlangsung sesuai jadwal.


Gambar 1. Jadwal Monitoring dan Evaluasi Ujian Sekolah Drs. Opan Soffian, M.Pd.

Salah satu hasil monitoring yang dilakukan oleh pengawas pembina adalah kegiatan monitoring Ujian Sekolah di SMAN 8 Tambun Selatan. Ujian Sekolah di SMAN 8 Tambun Selatan pada tahun pelajaran 2020/2021 ini menggunakan aplikasi CBT Online yang dibuat sendiri oleh sekolah dan bersifat gratis. Jadi siswa tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk aplikasi tersebut. Aplikasi dimuat pada website SMAN 8 Tambun Selatan pada alamat sman8tambunselatan.sch,id. 

  

Gambar 2. Penjabaran mekanisme Ujian Sekolah oleh Wakasek kurikulum dan panitia US di SMAN 8 Tambun Selatan

Proses monitoring dimulai dengan menelaah program Ujian Sekolah di sekolah yang dikunjungi, kemudian mengisi instrumen monitoring dan evaluasi sesuai dengan kondisi yang ada. 

bar 3. Memeriksa aplikasi yang digunakan sekolah untuk melakukan Ujian Sekolah daring beserta sistem yang ada di dalamnya. 


Ujian Sekolah yang berlangsung secara daring memiliki tantangan saat ada yang sakit, terkendala pemadaman listrik dan gangguan sinyal. Hal ini dapat diatasi dengan susulan usai Ujian Sekolah berlangsung. Ujian Sekolah dilaksanakan secara fleksibel dan disesuaikan dengan kondisi.

Gambar 4. Pemeriksaan berkas dalam Monitoring dan Evaluasi Ujian Sekolah oleh pengawas pembina


bar 5. Monitoring administrator dan pengawas Ujian Sekolah di SMAN 8 Tambun Selatan

Dengan adanya monitoring dan evaluasi ini diharapn kegiatan Ujian Sekolah berlangsung sesuai juknis yang sudah ditetapkan oleh dinas pendidikan. Dan diharapkan pengawas pembina dapat memberikan saran dan masukan bagi pelaksanaan Ujian Sekolah di sekolah binaannya agar berlangsung secara lancar, menjunjung tinggi integritas, dan seusai juknis yang digariskan oleh Dinas Pendidikan

    Share:
    belajar asyik

    Bima Ariyo

    Seorang Guru, Desainer, Motivator

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *