Membuat konten pembelajaran merupakan salah satu cara bagi siswa untuk belajar lebih kompleks dan mendetail terhadap sebuah materi yang sedang dipelajari. Membuat konten membutuhkan beberapa aspek yaitu:

1. Ide kreatif
Sebelum membuat konten, tentukan terlebih dahulu judul dan isi konten yang akan dibuat. Konten yang berkualitas adalah konten yang dapat menambah wawasan bagi para pembacanya. Konten harus bersifat fresh dan bukan sekedar copy paste dari konten yang sudah ada.

2. Sumber literasi
Membuat konten harus diawali dengan menggali sumber literasi baik dari sumber pustaka berbentuk fisik seperti buku bacaan, buku pelajaran, maupun buku ensiklopedia. Sumber literasi juga dapat diambil dari sumber digital semisal dari berbagai website yang memang fokus pada bidang yang akan dibahas pada konten. Waspada jika mengambil literasi dari sumber yang tidak kredibel karena dikhawatirkan konten yang diproduksi bermuatan hoax atau tidak sesuai dengan fakta.

3. Sumber gambar
Bubuhkan gambar yang menarik. Konten pembelajaran akan lebih mudah difahami dan menarik untuk dipelajari jika diberikan dalam bentuk ilustrasi yang menarik. Pastikan gambar bersumber dari sumber yang kredibel ya. Umumnya konten pembelajaran dapat mengambil gambar dari website yang bertebaran di google maupun dari fotografi koleksi pembuat konten.

4. Kemampuan mendesain
Gabungkan teks, gambar, dan background yang sudah ada dan kolaborasikan menjadi tampilan yang enak dibaca. Proses ini bisa menggunakan berbagai software desain grafis seperti Photoshop, Corel draw, Inkscape, Canva, dan banyak lagi. Bisa juga lho jika menggunakan aplikasi lain seperti microsoft power point. Jika kamu ingin mengambil gambar dan menghilangkan backgroundnya dengan cepat dapat menggunakan situs https://www.remove.bg/

(cara menggunakannya dan cara melay-out gambar di Canva bisa kalian lihat pada link berikut ini: CARA MENGHAPUS BACKGROUND GAMBAR)

CONTOH TUGAS KONTEN KELAS X
Materi: Ekologi
Sub materi: Simbiosis Komensalisme


Pengumpulan tugas
Masukkan kelima gambar dalam satu postingan feed instagram.
Selanjutnya tulis pada deskripsi/keterangan:

Materi: Ekologi
Sub Materi:

(pilih salah satu)
1. Simbiosis Mutualisme
2. Simbiosis Komensalisme
3. Simbiosis Parasitisme
Nama kelompok
Kelas
Asal sekolah

beri tagar sebagai berikut:
#ekologi8tamsel #biologi #biologiitumemangasyik #ekologi #simbiosis #sman8tamsel

Contoh karya silahkan lihat pada link berikut:
contoh tugas kelas X

CONTOH TUGAS KONTEN KELAS XI
Materi: Sistem Indera
Sub materi: Gangguan Indera Pendengaran

Pengumpulan tugas
Masukkan kelima gambar dalam satu postingan feed instagram.
Selanjutnya tulis pada deskripsi/keterangan:

Materi: Sistem Indera
(dipilih salah satu)
1. Sistem Syaraf
2. Sistem Indera
3. Sistem Hormon

Sub Materi: Gangguan pada organ pendengaran
(disesuaikan dengan organ yang di deskripsikan)
Nama kelompok
Kelas
Asal sekolah


beri tagar sebagai berikut:
#biologi8tamsel #biologi #biologiitumemangasyik #sistemkoordinasi #sistemsyaraf / #sistemindera / #sistemhormon #sman8tamsel

Contoh karya silahkan lihat pada link berikut:
CONTOH TUGAS KELAS XI

Karya terbaik dan terfavorit (jumlah like dan comment terbanyak) dari masing-masing kelas akan mendapatkan HADIAH KUOTA PEMBELAJARAN senilai total RATUSAN RIBU RUPIAH

Selamat Mengerjakan


Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *