GOOGLE CLASSROOM BELAJAR ID

Tahun Pelajaran 2021/2022 nampaknya akan kembali dibuka dengan pembelajaran berbasis online mengingat kondisi Covid-19 yang bukannya menurun namun justru makin meningkat. Oleh karena itu penting kiranya bagi kita semua untuk dapat memaksimalkan pembelajaran online dengan beragam fitur diantaranya yang disediakan oleh GOOGLE SUITE EDUCATION melalui program akun belajar.id yang bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek.


Untuk memulai pembelajaran berbasis digital dengan pemanfaatan akun belajar id dapat kita mulai dengan mengaktivasi emai belajar id yang kita miliki. Mekanisme aktivasi dapat dilihat pada link berikut ini: AKTIVASI AKUN BELAJAR ID

Selanjutnya, pastikan siswa dan guru sudah mendapatkan akun belajar id.
Bagaimana jika ada siswa yang Lupa atau belum mendapatkan akun belajar id nya? 
Silahkan hubungi admin/operator sekolah kaitannnya yang berkolaborasi untuk menyediakan akun belajar id nya. Untuk sementara dapat menggunakan akun gmail biasa. Namun  pastikan agar seragam dan mudah di data akun gmail biasa ini menggunakan nama asli ya.
Misal namanya Dani Setiawan dan lahir pada tanggal 7 Juni. Maka cukup membuat email dengan username: [email protected] kemudian laporkan ke gurumu agar bisa bergabung dalam google classroom dan berbagai aplikasi yang terkoneksi belajar id.

Catatan:
JANGAN! membuat email yang namanya sulit dikenali seperti: [email protected], karena nanti akan merepotkan guru dalam melakukan penilaian. Apalagi jika ternyata Dani tidak ganteng dan Tuti menolak Dani sebagai teman dekatnya. Kan repot jadinya (Aduh masa muda memang kompleks nian)

Berikut:
CARA MASUK KE GOOGLE CLASSROOM BELAJAR ID.

Sebelumnya pastikan gurumu telah membuat membuat GOOGLE CLASSROOM menggunakan akun belajar id. Dan jika kalian hendak bergabung maka ikuti langkah-langkah berikut:

STEP 1: BUKA GOOGLE

STEP 2: BUKA GMAIL



STEP 3: MASUKKAN USERNAME AKUN BELAJAR ID (klik berikutnya/next) & MASUKKAN PASSWORDNYA

STEP 4: SETELAH MASUK EMAIL, KLIK 9 TITIK YANG ADA DI POJOK KANAN ATAS DAN PILIH GOOGLE CLASSROOM


masuk menggunakan akun belajar.id berarti kalian nantinya diharapkan bisa berkolaborasi dengan berbagai fitur yang tersedia pada akun belajar.id. 



STEP 5: KLIK JOIN UNTUK BERGABUNG KE KELAS


STEP 6: MASUKKAN KODE KELAS YANG DIBERIKAN OLEH GURUMU


Selain cara diatas, masuk google classroom menggunakan akun belajar id juga dapat dilakukan dengan cara guru menginput email siswa dan juga dengan menggunakan tautan link yang dishare oleh guru. Namun dengan membuka email belajar id terlebih dahulu nantinya bisa membantu kita mengenal beragam fitur yang disediakan yang mana akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Setelah tergabung dalam google classroom, nantinya akan kita bahas kembali fitur-fitur lain yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Selamat mengeksplorasi belajar.id

KEUNGGULAN GOOGLE CLASSROOM BELAJAR ID DIBANDINGKAN

1. Google Classroom pada akun pribadi tidak dapat membuat link panggilan video dengan Google Meet untuk kelas, sedangkan pada akun G Suite BELAJAR ID dapat membuat link Meet untuk kelas.



2. Kapasitas Google Classroom untuk akun pribadi hanya 20 orang guru dan 250 orang siswa dan tidak ada fitur undang wali siswa, sedangkan akun G Suite dapat menampung 20 guru dan 1.000 siswa dan dapat mengundang wali untuk mendapatkan laporan wali. Caranya dengan memasukkan email orang tua pada menu menu invite guardians di sebelah akun siswa.


3. Penugasan di Classroom akun pribadi tidak ada impor nilai dari google form, tidak ada mode terkunci Chromebook, dan tidak ada cek orisinalitas jawaban siswa, sedangkan di Akun G Suite google classroom belajar id ada  fitur impor nilai dari google form, ada mode terkunci Chromebook, dan ada cek originalitas jawaban siswa.


Fitur Grade importing untuk mengimport nilai dari google form
Fitur Locked untuk mengunci semua program saat siswa melaksanakan ujian, jadi siswa tidak dapat membuka aplikasi lain saat ujian dilaksanakan
Fitur Check plagiarism (originality) untuk mengecek tugas yang dikirimkan oleh siswa apakah hasil copy paste dari rekannya maupun sumber internet lain atau memang orisinil mengerjakan sendiri


 

Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *