Youth Agrinity (Agriculture Sustainability) Festival merupakan rangkaian kompetisi yang dilaksanakan dengan webinar dan talkshow. Kegiatan ini bertema “Youth’s Action with Circular Agrifood”, dalam kegiatan ini ada beberapa rangkaian yang berupa diadakannya lomba esai, lomba infografis dan lomba video serta ada launching dan closing pada akhir festival.

Festival ini bertujuan untuk membangkitkan semangat dan minat pemuda Indonesia terhadap pertanian berkelanjutan khususnya dalam konsep Circular Agrifood dengan target 400+ peserta nasional. Pada tahun 2050, populasi global akan bertumbuh menjadi sekitar 9,5 miliar orang. Produktivitas pangan pun juga akan meningkat. Selain itu, kita memiliki masalah dan tantangan di sektor pertanian, seperti perubahan iklim dan sistem pertanian yang tidak berkelanjutan. Kita membutuhkan solusi dengan sistem yang rendah emisi dan biaya yang lebih sedikit. Circular Agrifood adalah sistem pertanian yang menggunakan sumber daya secara “melingkar” pada lahan yang sama untuk proses produksi dan terintegrasi dengan peternakan serta energi, sehingga tidak ada yang namanya limbah. Di Indonesia, disebut dengan Closed Loop Agriculture.

Closed Loop Agriculture saat ini sedang dilaksanakan secara struktural, tetapi sangat terbatas atau tersebar terutama pada generasi muda dan petani muda. Oleh karena itu, demonstrasi praktik pertanian ini harus dimulai. Penting untuk menyebarkan Circular Agrifood demi sistem pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan serta dapat membantu Indonesia mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030, khususnya SDGs Nomor 2 “Zero Hunger”, nomor 12 “Responsible Consumptions and Production”, dan 13 “Climate Action”.






KOMPETISI ESAI

Tema
Topik yang dibahas dalam kegiatan ini adalah “ Youth’s Action with Circular Agrifood” 

Sub Tema
“Circular Agrifood as a New Notion for Agriculture in Indonesia” 
Circular Agrifood adalah pendekatan yang diharapkan untuk mentransformasikan sistem pangan global. Oleh karena itu, perubahan transformasi akan lebih berhasil jika melibatkan berbagai elemen masyarakat lokal, khususnya kaum muda, karena kaum muda memiliki banyak akal, penemu, pencipta dan inovator terbaik. Lomba Esai “Circular Agrifood as a New Notion for Agriculture in Indonesia” ingin memberikan apresiasi tidak hanya kepada mahasiswa pertanian dan petani muda, tetapi juga para peminat agrifood yang ingin dan mampu menginspirasi orang lain melalui tulisan-tulisannya. Karena Circular Agrifood adalah istilah baru bagi para pemangku kepentingan di Indonesia, kaum muda dapat membantu memperkenalkan pendekatan sistem pertanian pangan sirkular dengan memahami konsepnya, dan berbagi pengetahuan dan ide mereka kepada khalayak umum yang lebih luas.


Kriteria Peserta
● Peserta yang terdaftar aktif pada tahun ajaran 2021 mulai dari pelajar sampai dengan mahasiswa di semua jurusan dari perguruan tinggi (usia 15-30) yang ada di seluruh Indonesia dan dibuktikan dengan kartu tanda pelajar/mahasiswa atau surat keterangan aktif.
● Peserta adalah masyarakat Indonesia / Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia (tidak sedang di luar negeri).
● Peserta dapat mendaftar secara perorangan atau kelompok (maksimal 3 orang) dan dapat berasal dari sekolah, universitas dan/atau fakultas yang berbeda.
● Peserta tidak diizinkan untuk melakukan revisi apapun pada esai, setelah esai dikirimkan.

Timeline
● Pendaftaran dan Pengiriman esai: 24 Oktober – 14 November 2021
● Daftar dan unggah poster kompetisi di Instagram: 24 Oktober – 14 November 2021
● 5 Pengumuman Teratas: 27 November 2021
● Technical Meeting 5 Finalis Teratas: 27 November 2021



Mekanisme Registrasi
1. Peserta wajib mengisi link formulir pendaftaran (LINK REGISTRASI) dengan mengunggah:
● Bukti upload poster kompetisi di feed akun Instagram utama dan tag Instagram IAAS Indonesia & Kedutaan Besar Indonesia di Instagram (@iaas_indonesiadan @nlinindonesia) dalam bentuk screenshoot (bit.ly/PosterYAF2021).
● Scan Kartu Tanda Mahasiswa (PDF):
a. Individu : YAF_Nama_Kartu ID Siswa
b. Grup : YAF_Nama Ketua_Kartu ID Siswa

2. Dokumen yang dikirimkan diberi nama dengan format berikut (individu atau grup):
● Naskah Esai (DOC):
a. Individu : YAF_Nama_Tiga kata pertama dari Judul Esai
b. Grup : YAF_Nama Ketua_Tiga kata pertama dari Judul Esai
● Surat Keaslian (PDF):
a. Individu : YAF_Nama_Authenticity Letter
b. Grup : YAF_Nama Ketua_Authenticity Letter

3. Peserta harus mengirimkan esai dan surat keasliannya ke [email protected] (Subjek Email: YAF_Nama Individu/Ketua Tim_Essay).

4. Perwakilan dari masing-masing tim harus melakukan konfirmasi ke contact person setelah menyerahkan semua dokumen yang diperlukan di link pendaftaran dan email.

Narahubung:
● Whatsapp 081319280543 (Ryski)
● Whatsapp 082313710856 (Itsnani)






KOMPETISI VIDEO

Tema
Tema Topik yang dibahas dalam kegiatan ini adalah “Youth’s Action with Circular Agrifood”
Sub Tema
“Circular Agrifood: A Game-Changer of Agriculture”
Informasi terkait Circular Agrifood masih sangat terbatas dalam banyak publikasi lokal; meskipun mungkin saja telah dipraktekkan di beberapa tempat di Indonesia secara kebetulan. Kompetisi video Circular Agrifood ingin menunjukkan dan membuktikan bahwa generasi muda peduli dengan pertanian dan produksi pangan. Saat ini Indonesia memiliki banyak petani muda dan/atau pekerja muda yang berkecimpung dalam dunia perdagangan pertanian dan pengolahan hasil pertanian. Kompetisi Video YAF akan menghargai para petani dan buruh tani muda ini yang berusaha mempertahankan identitas negara ini sebagai “Ekonomi Agraria”. Sama seperti konsep baru dalam Circular Agrifood, kaum muda merupakan “game-changer” yang baik yang akan mengubah dunia pertanian dan produksi pangan Indonesia menjadi lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan di masa depan.
Kriteria Peserta
● Peserta dapat perorangan atau tim dengan jumlah maksimal 5 orang dengan rentang usia 15-30 tahun.
● Terdapat minimal satu orang dalam tim yang merupakan seorang petani muda (terjun langsung di dunia pertanian).
● Peserta adalah masyarakat Indonesia / Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia (tidak sedang di luar negeri).
●Video harus menunjukkan aktivitas sehari-hari petani di pertanian, dan mengilustrasikan apa yang diyakini dan dilakukan petani/pekerja pertanian tentang pertanian sirkular.
● Setiap peserta tidak diperbolehkan mengikuti lebih dari satu tim dalam kompetisi yang sama.

Timeline
● Daftar dan unggah poster kompetisi di Instagram: 24 Oktober – 14 November 2021
● Technical Meeting : 14 November 2021
● Pengumpulan Karya: 14 November – 27 November 2021
● Top 5 Pengumuman di YouTube IAAS INDONESIA: 3 Desember 2021
● Pengumuman Pemenang: 5 Desember 2021

Mekanisme Registrasi
1. Peserta wajib mengisi link formulir pendaftaran (KLIK PENDAFTARAN) dengan mengunggah:
● Bukti upload poster kompetisi di feed akun Instagram utama dan tag Instagram IAAS Indonesia & Kedutaan Besar Indonesia di Instagram (@iaas_indonesia dan @nlinindonesia) dalam bentuk screenshot (bit.ly/PosterYAF2021).
● Di akhir formulir akan ada tautan Grup WhatsApp, di mana semua anggota tim harus bergabung di grup untuk memfasilitasi komunikasi terkait technical meeting dan form pengiriman hasil karya video.

2. Dokumen yang dikirimkan diberi nama dengan format berikut (individu atau grup):
● Surat Keaslian (PDF):
a. Individu : YAF_Nama_Authenticity Letter
b. Kelompok : YAF_Nama Ketua_Authenticity Letter

● Bukti upload video dan link YouTube dengan screenshot-nya (PDF):
a. Individu : YAF_Nama_Judul Video
b. Kelompok : YAF_Nama Ketua_Judul Video

3. Perwakilan dari masing-masing tim harus melakukan konfirmasi ke contact person setelah menyerahkan semua dokumen yang diperlukan di link pendaftaran dan link pengumpulan.

Narahubung:
● Whatsapp 082313710856 (Itsnani)
● Whatsapp 082273029762 (Roy) 



KOMPETISI INFOGRAFIS

Tema
Topik yang dibahas dalam kegiatan ini adalah “ Youth’s Action with Circular Agrifood”

Sub Tema
“Circular Agrifood: The Rising Horizon in the World of Agriculture”

Circular Agrifood adalah suatu sistem pendekatan baru dalam pengembangan ilmu pengetahuan dunia pertanian yang diharapkan dapat mentransformasikan sistem pangan global. Pendekatan ini mencoba untuk meminimalkan penggunaan suber daya eksternal dengan mengandalkan proses alam, memproduksi sumber daya secara lokal, dan dengan memanfaatkan limbah untuk digunakan dalam kegiatan produksi lainnya. Dalam konsep Circular, sumber daya alam dimanfaatkan dalam rantai siklus pertanian untuk waktu yang lama; karena untuk mencegah limbah dan emisi berbahaya ke tanah, air, dan udara sebanyak mungkin. Perubahan dalam transformasi ini diharapkan akan lebih berhasil jika pemuda turut berkontribusi menjadi penemu, pencipta, dan inovator terbaik karena jiwa semangat dan banyak ide dari akal jenius para pemuda. Karena Circular Agrifood merupakan istilah yang baru dalam dunia pertanian di Indonesia, kaum muda dapat membantu untuk menyebarluaskan informasi tentang Circular Agrifood ini dalam bentuk yang mudah dipahami dan menarik, seperti contohnya infografis. Keterlibatan pemuda Indonesia dalam menyebarluaskan informasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk lebih banyak praktik, sehingga menghasilkan pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan di Indonesia layaknya cakrawala yang terbit di hari baru.

Kriteria Peserta
● Peserta dapat perorangan atau tim dengan jumlah maksimal 3 orang dengan rentang usia 15-30 tahun.
● Peserta adalah masyarakat Indonesia / Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia (tidak sedang di luar negeri).
● Setiap peserta tidak diperbolehkan mengikuti lebih dari satu tim dalam kompetisi yang sama.


Timeline
● Daftar dan unggah poster kompetisi di Instagram: 24 Oktober – 14 November 2021
● Pengumpulan Karya: 14 November – 21 November 2021
● Top 5 Pengumuman di Instagram @iaas_indonesia: 3 Desember 2021
● Pengumuman Pemenang: 5 Desember 2021

Mekanisme Registrasi
1. Peserta wajib mengisi link formulir pendaftaran (KLIK PENDAFTARAN) dengan mengunggah:

● Bukti upload poster kompetisi di feed akun Instagram utama dan tag Instagram IAAS Indonesia & Kedutaan Besar Indonesia di Instagram (@iaas_indonesia dan @nlinindonesia) dalam bentuk screenshoot (bit.ly/PosterYAF2021).

● Di akhir formulir akan ada tautan Grup WhatsApp, di mana peserta (pemimpin jika dalam tim) harus bergabung dengan grup untuk memfasilitasi komunikasi terkait peraturan dan form pengiriman hasil karya infografis.

2. Dokumen yang dikirimkan diberi nama dengan format berikut (individu atau grup):
Karya infografis:
a. Individu : YAF_Nama_Tiga kata pertama dari Judul Infografis
b. Kelompok : YAF_Nama Ketua_Tiga kata pertama dari Judul Infografis

Deskripsi Infografis
a. Individu : YAF_Nama_Description of the Infographic
b. Kelompok : YAF_Nama Ketua_Description of the Infographic

Surat Keaslian (PDF):
a. Individu : YAF_Nama_Authenticity Letter
b. Kelompok : YAF_Nama Ketua_Authenticity Letter

Bukti upload infografis dan link feed Instagram akun dengan screenshot-nya (PDF):
a. Individu : YAF_Nama_InfographicWork
b. Kelompok : YAF_Nama Ketua_InfographicWork

4. Perwakilan dari masing-masing tim harus melakukan konfirmasi ke contact person setelah menyerahkan semua dokumen yang diperlukan di link pendaftaran dan link pengumpulan.

Narahubung:
● Whatsapp 082313710856 (Itsnani)
● Whatsapp 082273029762 (Roy)


GUIDE BOOK / BUKU PANDUAN YAF 2021

KLIK DOWNLOAD BUKU PANDUAN /GUIDE BOOK

POSTER KOMPETISI & DOKUMEN / FORMULIR PENDAFTARAN LOMBA

DOWNLOAD POSTER DAN INFOGRAFIS LOMBA

DOWNLOAD FORMULIR PENDAFTARAN LOMBA INFOGRAFIS

DOWNLOAD FORMULIR PENDAFTARAN LOMBA VIDEO

DOWNLOAD FORMULIR PENDAFTARAN LOMBA ESAY

LINK KEGIATAN

Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *