Setelah informasi SEKOLAH KEDINASAN (PART 1) tentang:

1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kementrian Dalam Negeri
2. 
Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) / Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Kementrian Perhubungan
3. 
Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
yang bisa kalian akses pada link berikut:
SEKOLAH KEDINASAN (PART 1)

yuk kita cek informasi SEKOLAH KEDINASAN (PART 2):

4. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), BMKG

STMKG didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG), kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta, kampusnya berada di Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) Jl. Arief Rakhman Hakim No. 3 Jakarta Pusat. Tahun 1960 – 1978 AMG dibawah Pusat Meteorologi dan Geofisika.

Gedung Kampus Drone.mpg.Still001

Pada tahun 1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dengan status berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (KM. 55/OT/PHB-1978 31 Maret 1978).

Sejak tahun 2000, BPLMG berubah kembali menjadi AMG di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (SK. Menhub No. KM 82 Thn 1999 Tgl 13-10-1999), dan kampusnya pindah dan berlokasi di Jl. Perhubungan I No.5, Komplek Meteo DEPHUB, Pondok Betung, Bintaro. Dan sampai tahun 2004 AMG tetap dibawah Badan Diklat dengan SK Menhub No. 72 Thn 2002 Tgl 2-10-2002.

Terhitung mulai 1 Januari 2005 AMG berada dibawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND), berdasarkan SK KBMG No. 003 Tahun 2004. Tahun 2014 menjadi tahun yang bersejarah bagi keluarga besar STMKG, karena di tahun ini telah diundangkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tertanggal 23 April 2014 tentang perubahan Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang berada dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Alamat: Jalan Perhubungan I No 5, Komplek Metro, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang, 
website: https://stmkg.ac.id/
Pendaftaran: 
Panitia Pendaftaran & Seleksi Sekolah  Kedinasan https://dikdin.bkn.go.id atau bisa cek pada https://ptb.stmkg.ac.id/
Waktu: Sekitar April 2022

ALUR PENDAFTARAN MELALUI DIKDIN BKN DOWNLOAD DISINI: KLIK




5. Politeknik Statistika/Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Biro Pusat Statistik


Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik. Pembinaan secara fungsional Politeknik Statistika STIS dilaksanakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik, namun secara pembinaan secara teknis akademik dilaksanakan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi dalam hal ini adalah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Politeknik Statistika STIS yang dikenal saat ini mempunyai catatan riwayat yang cukup panjang dalam pembentukannya, dimulai dengan berdirinya Akademi Ilmu Statistik (AIS) sampai menjadi Politeknik Statistika STIS seperti sekarang. Pada tanggal 11 Agustus 1958, Perdana Menteri Republik Indonesia waktu itu, Ir. H. Djuanda, mengeluarkan Surat Keputusan No. 377/PM/1958 tentang berdirinya Akademi Ilmu Statistik. Tujuan utama pendidikan AIS adalah mendidik tenaga pelaksana kegiatan statistik pada tingkat semi ahli yang mampu melaksanakan dan mengembangkan perstatistikan nasional. Tiga tahun kemudian AIS sudah menghasilkan lulusan. Pada awalnya AIS mendapat bantuan dana dan tenaga ahli dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bantuan disalurkan melalui Statistical Research and Development Centre yaitu lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia c.q. Biro Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan badan PBB, United Nations Development Programme (UNDP).

Pada tanggal 3 Oktober 2016 Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia menerbitkan Surat keputusan Nomor 429/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma Empat, Program Studi Statistika Program Diploma Empat, dan Program Studi Statistika Program Diploma Tiga  dalam rangka perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik  menjadi Politeknik Statistika STIS di Jakarta yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik. Kemudian disusul oleh Surat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia kepada Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 179/M/IX/2016 tanggal 9 September 2016 tentang Rekomendasi Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS. Selanjutnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia juga mengeluarkan Surat Nomor B/479/M.KT.01 2017 pada tanggal 19 September 2017 yang menyetujui perubahan status Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS. Kemudian, pada tanggal 17 Oktober 2017 diterbitkan Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik No 87 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Statistika STIS. Pada akhirnya, Politeknik Statistika STIS resmi di-launching pada tanggal 28 Maret 2018.



Alamat: Jalan Otto Iskandardinata No 64C, Jakarta Timur,
website www.stis.ac.id
Pendaftaran: Panitia Pendaftaran & Seleksi Sekolah Kedinasan https://sscasn.bkn.go.id atau https://dikdin.bkn.go.id atau
https://spmb.stis.ac.id/
Informasi: 
@stis.ac.id
telp: 021 85900884 
twitter: @STISJKT 
facebook: SekolahTinggiIlmuStatistik(Official)
IG: @polstatstis
Youtube: Politeknik Statistika STIS

Waktu:
Pendaftaran: Sekitar April 2022
Uji Tahap 1: 

Uji Tahap 2: 
Uji Tahap 3: 
Pengumuman: 


ALUR PENDAFTARAN MELALUI DIKDIN BKN DOWNLOAD DISINI: KLIK



6. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN), Departemen Keuangan


Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan sekolah tinggi kedinasan yang semula bernama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Transformasi ini menjadikan PKN STAN semakin berkembang dan mampu bersaing dengan universitas terkemuka lainnya baik dalam maupun luar negeri.


Dalam mengembangkan jurusan dan program studi, PKN STAN sebagai PTKL sangat terkait dengan kebijakan Kementerian Keuangan selaku Kementerian pembina.  Saat ini PKN STAN memiliki 9 Prodi yang masing-masing prodi memiliki akreditasi B, sebagai berikut:

  1. Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
  2. Diploma IV Manajemen Keuangan Negara
  3. Diploma IV Manajemen Aset Publik
  4. Diploma III Akuntansi
  5. Diploma III Pajak
  6. Diploma III PBB/Penilai
  7. Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  8. Diploma III Kebendaharaan Negara
  9. Diploma III Manajemen Aset

Ke depan, sehubungan dengan adanya kebijakan untuk melakukan penataan program studi dengan melakukan integrasi program-program studi serumpun dan fokus pada penyelenggaraan pendidikan Diploma pada jenjang D-IV menyebabkan upaya pengembangan program studi dilakukan penyesuaian. Adapun fokus penataan mencakup penataan program studi eksisting serta penyiapan program dan kurikulum pendidikan tinggi vokasi jenjang D-IV di bidang keuangan negara untuk menjawab kebutuhan kompetensi pengelolaan keuangan negara di masa mendatang dengan menitikberatkan pada penguasaan keilmuan dan praktik pengelolaan keuangan negara yang komprehensif, termasuk pada penguasaan teknologi informasi.


Alamat: Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang,
website: www.stan.ac.id atau http://www.pknstan.ac.id/
Pendaftaran: Pendaftaran 2021 menggunakan nilai UTBK khususnya Test Potensi Skolastik (TPS), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang digunakan adalah yang diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi) silahkan mendaftar di https://ltmpt.ac.id/


Waktu dan Jalur pendaftaran:
https://sscasn.bkn.go.id sekitar April 2022
https://www.spmb.pknstan.ac.id/ sekitar April s.d. Mei 2022
TAHAPAN PENDAFTARAN BISA DILIHAT DISINI: KLIK LINK


 
PENGUMUMAN SELEKSI DAN SURAT EDARAN DOWNLOAD DISINI KLIK LINK

BROSUR LENGKAP MEKANISME PENDAFTARAN DOWNLOAD DISINI: CARA DAFTAR

khusus untuk jalur AFIRMASI (SISWA INDONESIA WILAYAH TIMUR)
SEGERA BUAT SURAT REKOMENDASI DARI SEKOLAH

FORMAT SURAT REKOMENDASI KLIK DISINI SURAT REKOMENDASI SEKOLAH

7. Politeknik Sekolah Sandi Negara (Poltek SSN), Badan Siber dan Sandi Negara


Terbentuknya POLTEK SSN berawal dari pendidikan sandi pada tahun 1946, bersamaan dengan berdirinya organisasi sandi di Kementerian Pertahanan, yang pada saat itu dikenal dengan nama Bagian Code Kementerian Pertahanan Bagian B (Intelijen). Pada tahun 1947 dibentuk pendidikan sandi dengan sistem magang. Setelah organisasi persandian ditingkatkan statusnya menjadi suatu badan/lembaga tersendiri bernama Djawatan sandi pada tahun 1950, sistem pendidikan sandi disempurnakan menjadi pendidikan Sandiman dan Juru Sandi. Karena pendidikan Sandiman dinilai kurang dalam analisis kriptografi, maka dibentuk pendidikan Ahli Sandi –Brevet A dan Brevet B. Meskipun demikian, pendidikan Sandiman dan Juru Sandi tetap ada dengan nama Diklat Sandiman -Ahli Sandi Tingkat II dan Juru Sandi –Ahli Sandi Tingkat I.

Pada akhir tahun 1969 dibuka pendidikan Ahli Sandi Gaya Baru yang menggunakan kurikulum gabungan Pendidikan Ahli Sandi Brevet A dan Pendidikan sandiman. Pada tahun 1973 pendidikan Ahli Sandi Gaya Baru dinyatakan secara de facto sebagai Akademi Sandi Negara (AKSARA). Hal tersebut dikuatkan dengan Surat Keputusan Ketua Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) No. 078.II.4.74 tahun 1974 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0135/U/1975 tentang pengesahan Akademi Sandi Negara.

Melalui proses penilaian dan peninjauan mengenai kelayakan sistem pendidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, maka berdasarkan surat Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Nomor 19/MPN/02 tahun 2002 Mendiknas menilai (D-III) AKSARA laik untuk ditingkatkan menjadi (D-IV) Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 22 tahun 2003 menetapkan tentang Pendirian STSN. Keputusan Presiden RI ini menetapkan pula bahwa AKSARA diintegrasikan ke dalam Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Melalui pertimbangan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada Peraturan BSSN Nomor 12 tahun 2019, bahwa dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang siber dan sandi bagi BSSN dan Kementerian/Lembaga lain, dilakukan perubahan kelembagaan Sekolah Tinggi Sandi Negara menjadi Politeknik Siber dan Sandi Negara (POLTEK SSN). Perubahan menjadi POLTEK SSN juga berdasarkan surat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 03/M/I/2018 dan berdasarkan persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/1007/M.KT.01/2019. Sejarah panjang terbentuknya POLTEK SSN menjadikannya sebagai Perguruan Tinggi yang unggul dalam persandian dan serius dalam keamanan siber.

Lulusan Poltek SSN dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia. Keahlian lulusan Poltek SSN adalah Cryptographic Engineer, Information Security Practitioner, Information Security Analyst, Network Security Engineer, Network & Web Penetration Tester, Hardware Security Engineer, dan Software Security Engineer.

Alamat: Jl. Raya Haji Usa, Putat Nutug, Ciseeng, Putat Nutug, Kec. Ciseeng, Bogor, Jawa Barat 16120
Website: https://poltekssn.ac.id/
Pendaftaran: Panitia Pendaftaran & Seleksi Sekolah Kedinasan https://dikdin.bkn.go.id atau https://poltekssn.ac.id/pendaftaran/
InformasiHP : 0811-886-6565 WA : 0811-886-6565 https://www.poltekssn.ac.id  Twitter : @spmb_poltekssn Facebook : Spmb_poltekssn Instagram: @poltekssn
Tahapan pendaftaran: 

  1. Pendaftaran online dan Seleksi Berkas pada website BKN bkn.go.id
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) (BKN)
  3. Seleksi Akademik (Poltek SSN)
  4. Seleksi Psikologi dan Seleksi Tertulis Clearance Test & Mental Ideologi (Poltek SSN)
  5. Seleksi Wawancara (Poltek SSN)
  6. Seleksi Kebugaran (Samapta) dan Seleksi Kesehatan Fisik dan Jiwa (Poltek SSN)
  7. Pemantauan Terakhir (Poltek SSN)

Waktu pendaftaran: sekitar April 2022

Brosur dan mekanisme pendaftaran download disini: KLIK DISINI


Masih banyak lagi sekolah kedinasan lainnya. 
Bersambung ke PART 3 ya

Informasi Sekolah Kedinasan dan Universitas Berbeasiswa

Silahkan KLIK LINK BERIKUT: 
INFORMASI SEKOLAH KEDINASAN DAN UNIVERSITAS BERBEASISWA (PART 3) (segera)

MEKANISME PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN PADA AKUN BADAN KEPEGAWAIAN NASIONAL RI BISA DI CEK PADA INFORMASI BERIKUT INI:
MEKANISME PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN

INFORMASI PENDAFTARAN KULIAH LAINNYA

– SPANPTKIN informasi KLIK DISINI (masih dalam proses)
– Informasi SNMPTN KLIK DISINI 
– Informasi UTBK SBMPTN 
KLIK DISINI
– Informasi SNMPN 
KLIK DISINI (NEW)
– Undangan Jalur Prestasi Lainnya 
KLIK DISINI (masih dalam proses)


Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *