BIAYA PERKULIAHAN

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) tahun 2023 adalah sebesar Rp700.000,- (tujuh ratus ribu rupiah) per pendaftar, termasuk biaya pelaksanaan Ujian Seleksi dan Tes Kemampuan Seni Rupa (bagi peminat FSRD). Masing-masing pendaftar dapat memilih paling banyak 4 pilihan fakultas/sekolah/program studi pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

Khusus bagi calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang merupakan pemilik/pendaftar Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T, ITB membebaskan biaya pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dan biaya pendidikan di ITB. Tata cara pendaftaran calon peserta SM-ITB yang merupakan pemilik KIP-K serta calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T dapat diperoleh di bagian lain dari halaman ini.

Pelunasan biaya pendaftaran dilakukan dengan menggunakan kode bayar yang akan diperoleh akun pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. ITB tidak mengembalikan biaya pendaftaran yang telah dibayarkan untuk alasan apa pun.

Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) merupakan program penerimaan mahasiswa program Sarjana dengan skema  pembiayaan mandiri. Mahasiswa yang diterima di ITB melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) bertanggung jawab untuk membiayai secara penuh pendidikan program sarjananya di ITB.  ITB tidak memberikan subsidi biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

Biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB (dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal/UKT per semester dan Iuran Pengembangan Institusi) adalah sebagai berikut: 

Fakultas/Sekolah/ProdiUKT5 / semUKT4 / semIPI
FMIPA-IPA, SITH-R, Meteorologi (FITB-G), Oseanografi (FITB-G)Rp12.500.000,-Tidak tersediaMinimum Rp25.000.000,-
FITB-G (selain prodi Meteorologi dan Oseanografi), Fakultas/Sekolah lain di ITB selain SBMRp25.000.000,-Rp20.000.000,-Minimum Rp25.000.000,-
Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)Rp25.000.000,-Rp20.000.000,-Minimum Rp40.000.000,-

Keterangan:

  • Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dibayarkan satu kali pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB
  • Seluruh calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dikenakan biaya pendidikan (Uang Kuliah Tunggal/UKT) per semester dengan nilai sesuai UKT5. 
  • Pemberian beasiswa UKT ke nilai UKT4 diputuskan ITB berdasarkan kemampuan ITB dan hasil verifikasi atas permohonan calon mahasiswa yang dilakukan pada saat Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB.
  • Tata cara pengajuan permohonan beasiswa UKT hanya disampaikan kepada calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB)

Yuk kita cek PROGRAM STUDI yang dibuka dalam Seleksi Mandiri ITB di halaman berikut!

Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *