DESAIN PEMBELAJARAN

Dalam pembelajaran desain pembelajaran yang merupakan tugas krusial guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran di kelas, tugas utama guru dalam melaksanakan desain pembelajaran adalah diawali dengan bagaimana guru mampu menganalisis kompetensi dasar yang diamanatkan oleh kurikulum, dalam pengembangan kurikulum guru juga dipersiapkan dalam menentukan target kompetensi dari setiap kompetensi dasar yang telah disusun untuk mengetahui apa yang menjadi target dari keomptensi dasar dari kurikulum tersebut, sehingga guru bisa dengan tepat merumuskan pembelajaran yang akan di laksanakan. Indikator pencapaian kompetensi di rumuskan oleh guru untuk melihat sejauh mana tingakt pemahaman peserta didik dalam pembelajaran yang sedang dilakukan, dengan IPK yang telah disusun, guru mampu mengembangkan pembelajaran sesuai rangakain tingkat pengetahuan dan keterampilan yang telah dirancang dengan IPK dalam setaip materinya, setelah itu guru mampu mengembangkan tujuan pembelajaran yang menyesuaikan dengan target kompetensi yang kemudian dijabarkan dalam rumusan IPK, tujuan pembelajaran dikembangkan dalam bentuk narasai atau poin yang mampu menjabarkan materi dan kompetensi yang akan dicapai. 

Lebih lengkap mengenai teori belajar bisa di download disini
MATERI 4 DESAIN PEMBELAJARAN

Implementasi Kurikulum 2013 menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses menggunakan 3 (tiga) model pembelajaran yang diharapkan dapat membentuk perilaku saintifik, sosial serta mengembangkan rasa keingintahuan. Ketiga model tersebut adalah: (1) model Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning), (2) model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning/PBL), (3) model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based Learning/PJBL).

Selain 3 model yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, guru juga diperbolehkan untuk mengembangkan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran yang lain, seperti Cooperative Learning yang mempunyai berbagai metode seperti: Jigsaw, Numbered Head Together (NHT), Make a Match, Think-Pair-Share (TPS), Example not Example, Picture and Picture, dan lainnya.

JENIS-JENIS MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran penyingkapan/penemuan (Discovery/Inquiry Learning) adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Discovery terjadi bila individu terlibat terutama dalam penggunaan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip.
Discovery dilakukan melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan, dan inferensi. Proses di atas disebut cognitive process sedangkan discovery itu sendiri adalah the mental process of assimilating concepts and principles in the mind (Robert B. Sund dalam Malik, 2001:219).
Langkah kerja (sintak) model pembelajaran penyingkapan/penemuan adalah sebagai berikut:

a. Sintak model Discovery Learning

1) Pemberian rangsangan (stimulation);
2) Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement);
3) Pengumpulan data (data collection);
4) Pengolahan data (data processing);.
5) Pembuktian (verification); dan
6) Menarik simpulan/generalisasi (generalization).

b. Model Inquiry Learning Terbimbing

Model pembelajaran yang dirancang membawa peserta didik dalam proses penelitian melalui penyelidikan dan penjelasan dalam setting waktu yang singkat (Joice & Wells, 2003).
Model pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara sistematis kritis dan logis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri temuannya.
Sintak/tahap model inkuiri meliputi:
1) Orientasi masalah;
2) Pengumpulan data dan verifikasi;
3) Pengumpulan data melalui eksperimen;
4) Pengorganisasian dan formulasi eksplanasi; dan
5) Analisis proses inkuiri.

2. MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL)

Model pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna, relevan, dan kontekstual (Tan Onn Seng, 2000).
Tujuan PBL adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menerapkan konsepkonsep pada permasalahan baru/nyata, pengintegrasian konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS), keinginan dalam belajar, mengarahkan belajar diri sendiri, dan keterampilan (Norman and Schmidt).
Karakteristik yang tercakup dalam PBL menurut Tan (dalam Amir, 2009) antara lain:
  1. masalah digunakan sebagai awal pembelajaran; 
  2. biasanya masalah yang digunakan merupakan masalah dunia nyata yang disajikan secara mengambang (illstructured); 
  3. masalah biasanya menuntut perspektif majemuk (multipleperspective); 
  4. masalah membuat pembelajar tertantang untuk mendapatkan pembelajaran di ranah pembelajaran yang baru;
  5. sangat mengutamakan belajar mandiri; 
  6. memanfaatkan sumber pengetahuan yang bervariasi, tidak dari satu sumber saja, 
  7. pembelajarannya kolaboratif, komunikatif, dan kooperatif.


Karakteristik ini menuntut peserta didik untuk dapat menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, terutama kemampuan pemecahan masalah. Pada PBL, guru berperan sebagai guide on the side daripada sage on the stage. Hal ini menegaskan pentingnya bantuan belajar pada tahap awal pembelajaran. Peserta didik mengidentifikasi apa yang mereka ketahui maupun yang belum berdasarkan informasi dari buku teks atau sumber informasi lainnya.

Sintak model Problem-based Learning menurut Arends (2012), sebagai berikut:

a. Orientasi peserta didik pada masalah;
b. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar;
c. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok;
d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan
e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

3. MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING

Model Project-based Learning adalah model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik dalam memecahkan masalah, dilakukan secara berkelompok/mandiri melalui tahapan ilmiah dengan batasan waktu tertentu yang dituangkan dalam sebuah produk untuk selanjutnya dipresentasikan kepada orang lain.
Karakteristik PjBL antara lain:

  • Penyelesaian tugas dilakukan secara mandiri dimulai dari tahap perencanaan, penyusunan, hingga pemaparan produk;
  • Peserta didik bertanggung jawab penuh terhadap proyek yang akan dihasilkan;
  • Proyek melibatkan peran teman sebaya, guru, orang tua, bahkan masyarakat;
  • Melatih kemampuan berpikir kreatif; dan
  • Situasi kelas sangat toleran dengan kekurangan dan perkembangan gagasan

Langkah Kerja Project Based Learning

LANGKAH KERJA

AKTIFITAS GURU

AKTIFITAS SISWA

Pertanyaan Mendasar

Guru menyampaikan topik dan mengajukan pertanyaan bagaimana cara memecahkan masalah.

Mengajukan pertanyaan mendasar apa yang harus dilakukan peserta didik terhadap topik/ pemecahan masalah.

Mendesain Perencanaan Produk

Guru memastikan setiap peserta didik dalam kelompok memilih dan mengetahui prosedur pembuatan proyek/produk yang akan dihasilkan.

Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas,
persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan.

Menyusun Jadwal Pembuatan

Guru dan peserta didik membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek (tahapan-tahapan dan pengumpulan).

Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan bersama.

Memonitor
Keaktifan dan

Guru memantau keaktifan peserta didik selama 

Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai

Perkembangan
Proyek

melaksanakan proyek, memantau realisasi perkembangan dan membimbing jika mengalami
kesulitan.

jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul  selama penyelesaian proyek dengan guru.

Menguji Hasil

Guru berdiskusi tentang prototipe proyek, memantau keterlibatan peserta didik, mengukur ketercapaian standar.

Membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain.

Evaluasi Pengalaman Belajar

Guru membimbing proses pemaparan proyek, menanggapi hasil, selanjutnya guru dan peserta didik merefleksi/kesimpulan.

Setiap peserta didik memaparkan laporan, peserta didik yang lain memberikan tanggapan, dan bersama guru menyimpulkan hasil proyek.


dikutip dari: 
Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, 2019
Penulis:
Yoki Ariyana, MT. Widyaiswara PPPPTK IPA Bandung
Dr. Ari Pudjiastuti M.Pd. Widyaiswara PPPPTK PKn IPS Kota Batu
Reisky Bestary, M.Pd. Widyaiswara LPMP Riau
Prof. Dr. Zamroni, Ph.D. Universitas Negeri Yogyakarta

Soal Latihan/Riviu Ujian Pedagogi Materi 4: DESAIN PEMBELAJARAN

SOAL 1
Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Learning yang…….
a. pembuktian (Verification)
b. pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement)
c. pengumpulan data (Data Collection)
d. pengolahan data (Data Processing)

SOAL 2
Aktivitas pembelajaran pada model Project Based Learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah…….
a. peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
b. membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain
c. peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan
d. peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru


SOAL 3

Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawali dengan pemberian rangsangan, mengajak peserta didik daam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran diatas adalah…….
a. Inquiry Learning
b. Problem Based learning
c. Discovery Learning
d. Project Based learning

SOAL 4

Salah satu sintaks Problem Based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas pembelajarannya
adalah…….
a. siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber untuk bahan diskusi)
b. kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan
c. siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
d. kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah

SOAL 5
Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan,
media, sumber yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran di atas merupakan model Project Based Learning pada sintaks…….
a. mendesain perencanaan produk
b. memonitoring keaktifan dan pengembangan proyek
c. pertanyaan mendasar
d. menyusun jadwal pembuatan

Catatan:
Pada Riviu Materi Pedagogi PPPK 2021 pada SIMPKB banyak terdapat soal materi 3 (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi)

====================================================================

Untuk materi PEDAGOGI lainnya bisa diakses pada link berikut:
1. Materi 1: TEORI BELAJAR
DOWNLOAD MATERI 1

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN RIVIU

2. Materi 2: KARAKTER PESERTA DIDIK
DOWNLOAD MATERI 2

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

3. Materi 3: KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
DOWNLOAD MATERI 3

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

4. Materi 4: DESAIN PEMBELAJARAN
DOWNLOAD MATERI 4

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

5. Materi 5: DASAR KOMUNIKASI
DOWNLOAD MATERI 5

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

6. Materi 6: KONSEP PENILAIAN
DOWNLOAD MATERI 6

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

7. Materi 7: PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK
DOWNLOAD MATERI 7

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

TETAP SEMANGAT MENGGAPAI IMPIAN!!!


Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *