DESAIN PEMBELAJARAN
Dalam pembelajaran desain pembelajaran yang merupakan tugas krusial guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran di kelas, tugas utama guru dalam melaksanakan desain pembelajaran adalah diawali dengan bagaimana guru mampu menganalisis kompetensi dasar yang diamanatkan oleh kurikulum, dalam pengembangan kurikulum guru juga dipersiapkan dalam menentukan target kompetensi dari setiap kompetensi dasar yang telah disusun untuk mengetahui apa yang menjadi target dari keomptensi dasar dari kurikulum tersebut, sehingga guru bisa dengan tepat merumuskan pembelajaran yang akan di laksanakan. Indikator pencapaian kompetensi di rumuskan oleh guru untuk melihat sejauh mana tingakt pemahaman peserta didik dalam pembelajaran yang sedang dilakukan, dengan IPK yang telah disusun, guru mampu mengembangkan pembelajaran sesuai rangakain tingkat pengetahuan dan keterampilan yang telah dirancang dengan IPK dalam setaip materinya, setelah itu guru mampu mengembangkan tujuan pembelajaran yang menyesuaikan dengan target kompetensi yang kemudian dijabarkan dalam rumusan IPK, tujuan pembelajaran dikembangkan dalam bentuk narasai atau poin yang mampu menjabarkan materi dan kompetensi yang akan dicapai.
Lebih lengkap mengenai teori belajar bisa di download disini
MATERI 4 DESAIN PEMBELAJARAN
Implementasi Kurikulum 2013 menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses menggunakan 3 (tiga) model pembelajaran yang diharapkan dapat membentuk perilaku saintifik, sosial serta mengembangkan rasa keingintahuan. Ketiga model tersebut adalah: (1) model Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning), (2) model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning/PBL), (3) model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based Learning/PJBL).
Selain 3 model yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, guru juga diperbolehkan untuk mengembangkan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran yang lain, seperti Cooperative Learning yang mempunyai berbagai metode seperti: Jigsaw, Numbered Head Together (NHT), Make a Match, Think-Pair-Share (TPS), Example not Example, Picture and Picture, dan lainnya.
JENIS-JENIS MODEL PEMBELAJARAN
a. Sintak model Discovery Learning
b. Model Inquiry Learning Terbimbing
2. MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL)
- masalah digunakan sebagai awal pembelajaran;
- biasanya masalah yang digunakan merupakan masalah dunia nyata yang disajikan secara mengambang (illstructured);
- masalah biasanya menuntut perspektif majemuk (multipleperspective);
- masalah membuat pembelajar tertantang untuk mendapatkan pembelajaran di ranah pembelajaran yang baru;
- sangat mengutamakan belajar mandiri;
- memanfaatkan sumber pengetahuan yang bervariasi, tidak dari satu sumber saja,
- pembelajarannya kolaboratif, komunikatif, dan kooperatif.
Sintak model Problem-based Learning menurut Arends (2012), sebagai berikut:
3. MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING
- Penyelesaian tugas dilakukan secara mandiri dimulai dari tahap perencanaan, penyusunan, hingga pemaparan produk;
- Peserta didik bertanggung jawab penuh terhadap proyek yang akan dihasilkan;
- Proyek melibatkan peran teman sebaya, guru, orang tua, bahkan masyarakat;
- Melatih kemampuan berpikir kreatif; dan
- Situasi kelas sangat toleran dengan kekurangan dan perkembangan gagasan
LANGKAH KERJA |
AKTIFITAS GURU |
AKTIFITAS SISWA |
Pertanyaan Mendasar |
Guru menyampaikan topik dan mengajukan pertanyaan bagaimana cara memecahkan masalah. |
Mengajukan pertanyaan mendasar apa yang harus dilakukan peserta didik terhadap topik/ pemecahan masalah. |
Mendesain Perencanaan Produk |
Guru memastikan setiap peserta didik dalam kelompok memilih dan mengetahui prosedur pembuatan proyek/produk yang akan dihasilkan. |
Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, |
Menyusun Jadwal Pembuatan |
Guru dan peserta didik membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek (tahapan-tahapan dan pengumpulan). |
Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan bersama. |
Memonitor |
Guru memantau keaktifan peserta didik selama |
Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai |
Perkembangan |
melaksanakan proyek, memantau realisasi perkembangan dan membimbing jika mengalami |
jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru. |
Menguji Hasil |
Guru berdiskusi tentang prototipe proyek, memantau keterlibatan peserta didik, mengukur ketercapaian standar. |
Membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain. |
Evaluasi Pengalaman Belajar |
Guru membimbing proses pemaparan proyek, menanggapi hasil, selanjutnya guru dan peserta didik merefleksi/kesimpulan. |
Setiap peserta didik memaparkan laporan, peserta didik yang lain memberikan tanggapan, dan bersama guru menyimpulkan hasil proyek. |
Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, 2019
Penulis:
Yoki Ariyana, MT. Widyaiswara PPPPTK IPA Bandung
Dr. Ari Pudjiastuti M.Pd. Widyaiswara PPPPTK PKn IPS Kota Batu
Reisky Bestary, M.Pd. Widyaiswara LPMP Riau
Prof. Dr. Zamroni, Ph.D. Universitas Negeri Yogyakarta
Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Learning yang…….
Aktivitas pembelajaran pada model Project Based Learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah…….
SOAL 3
SOAL 4
Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan,
Catatan:
Pada Riviu Materi Pedagogi PPPK 2021 pada SIMPKB banyak terdapat soal materi 3 (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi)
====================================================================
1. Materi 1: TEORI BELAJAR
DOWNLOAD MATERI 1
Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN RIVIU
2. Materi 2: KARAKTER PESERTA DIDIK
DOWNLOAD MATERI 2
Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU
3. Materi 3: KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
DOWNLOAD MATERI 3
Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU
4. Materi 4: DESAIN PEMBELAJARAN
DOWNLOAD MATERI 4
Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU
5. Materi 5: DASAR KOMUNIKASI
DOWNLOAD MATERI 5
Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU
6. Materi 6: KONSEP PENILAIAN
DOWNLOAD MATERI 6
Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU
7. Materi 7: PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK
DOWNLOAD MATERI 7
Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU
TETAP SEMANGAT MENGGAPAI IMPIAN!!!