KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

Peserta didik dalam suatu kelas atau sekolah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan yang ada perlu dikelola secara baik. Namun jika perbedaan tersebut tidak dikelola secara baik, maka akan menimbulkan permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran. Karakteristik peserta didik banyak ragam yaitu: etnik, kultural, status sosial, minat, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi, perkembangan sosial dan perkembangan moral dan spiritual, dan perkembangan motorik 

Lebih lengkap mengenai teori belajar bisa di download disini
MATERI 2 KARAKTER PESERTA DIDIK: DOWNLOAD MATERI 2

Ringkasan materi dapat di download pada link berikut:
RINGKASAN MATERI KARAKTER PESERTA DIDIK

Soal Latihan/Riviu Ujian Pedagogi Materi 2: KARAKTER PERSERTA DIDIK

SOAL 1

Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek….

a. Status Sosial

b. Etnik

c. Moral
d. Motivasi
e. Minat

Pembahasan:
Busana daerah, penampilan, bahasa daerah erat kaitannya dengan aspek etnik pada karakter peserta didik

SOAL 2

Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama aspek….

a. Kultural
b. Etnik
c. Minat
d. Status sosial
e. Motivasi

Pembahasan:
Tingkat kemampuan ekonomi, pekerjaan, dan jabatan masuk ke dalam aspek status sosial

SOAL 3

Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama aspek…

a. Gender
b. Minat
c. Kultural
d. Status social
e. Etnik

Pembahasan:
Lagu daerah, tarian daerah, dan beranekaragam hasil kebudayaan lainnya tergolong ke dalam aspek kultural

SOAL 4

Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan….

a. Persetujuan orang lain
b. Hati nurani
c. Ketertiban sosial
d. Akibat perbuatan
e. Kontrak/imbal jasa

Pembahasan:
Manurut Kohlberg, perkembangan moral kognitif anak terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu:

1) Preconventional moral reasoning
a) Obidience and paunisment orientation

Pada tahap ini, orientasi anak masih pada konsekuensi fisik dari perbuatan benar – salahnya, yaitu hukuman dan kepatuhan. Mereka hormat kepada penguasa, penguasalah yang menetapkan aturan / undang-undang, mereka berbuat benar untuk menghindari hukuman.

b) Naively egoistic orientation

Pada tahap ini, anak beorientasi pada instrument relative. Perbuatan benar adalah perbuatan yang secara instrument memuaskan keinginannya sendiri dan (kadang-kadang) juga orang lain. Kepeduliannya pada keadilan / ketidakadilan bersifat pragmatic, yaitu apakah mendatangkan keuntungan atau tidak.

2) Conventional moral reasoning

a) Good boy orientation

Pada tahap ini, orientasi perbuatan yang baik adalah yang menyenangkan, membantu, atau diepakati oleh orang lain. Orientasi ini juga disebut good / nice boy orientation. Anak patuh pada karakter tertentu yang dianggap alami, cenderung mengembangkan niat baik, menjadi anak baik, saling berhubungan baik, peduli terhadap orang lain.

b) Authority and social order maintenance orientation

Pada tahap ini, orientasi anak adalah pada aturan dan hukum. Anak menganggap perlunya menjaga ketertiban, memenuhi kewajiban dan tugas umum, mencegah terjadinya kekacauan system. Hukum dan perintah penguasa adalah mutlak dan final, penekanan pada kewajiban dan tugas terkait dengan perannya yang diterima di masyarakat dan public.

3) Post conventional moral reasoning

a) Contranctual legalistic orientation

Pada tahap ini, orientasi anak pada legalitas kontrak social. Anak mulai peduli pada hak azasi individu, dan yang baik adalah yang disepakati oleh mayoritas masyarakat. Anak menyadari bahwa nilai (benar/salah, baik/buruk, suka/tidak sukad, dll) adalah relative, menyadari bahwa hukum adalah intrumen yang disetujui untuk mengatur kehidupan masyarakat, dan itu dapat diubha melalui diskusi apabila hukum gagal mengetur masyarakat.

b) Conscience or principle orientation

Pada tahap ini, orientasi adalah pada prinsip-prinsip etika yang bersifat universal. Benar-salah harus disesuaikan dengan tuntutan prinsip-prinsip etika yang bersifat ini sari dari etika universal. Aturan hukum legal harus dipisahkan dari aturan moral. Masing-masing (hukum legal dan moral) harus diakui terpisah, masing-masing mempunyai penerapannya sendiri, tetapi tetap mengacu pada nilai-nilai etika / moral.


SOAL 5

Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:

a. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
b. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
c. Menggunakan program audio dan modul.
d. Menggunakan modul dan powerpoint.
e. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

Pembahasan:

Gaya visual umumnya menyukai bentuk media video, gaya auditory umumnya menyukai bentuk media audio, dan gaya kinestetik umumnya menyukai kegiatan yang bersifat fisik seperti praktikum/percobaan


SOAL 6

Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

a. Media benda nyata
b. Media poster
c. Media grafis
d. Media cetak
e. Media gambar

Pembahasan:

Penggunaan benda nyata merupakan sarana merangsang perkembangan proses kognitif pada taraf operasional konkrit. Misal siswa SD tidak akan cepat faham jika langsung berbicara tentang 2 x  3 = 6. Namun jika menggunakan benda nyata misal ada tiga orang masing-masing memegang dua pensil, maka jumlah pensil semuanya ada enam buah.

SOAL 7

Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

a. Mewarnai pola
b. Menendang bola
c. Menjiplak huruf
d. Memasang puzzle
e. Meronce membuat kalung

Pembahasan:

Motorik kasar adalah keterampilan yang melibatkan gerakan seluruh  tubuh. Kegiatan yang membutuhkan otot inti seperti lengan dan kaki masuk dalam motorik kasar. Kemampuan untuk duduk, berdiri, berjalan, menendang bola hingga berlari membutuhkan keterampilan dari motorik kasar. Jika terus dilatih, anak bisa mengembangkan kemampuan tersebut seperti bersepeda hingga berenang. 
Motorik halus dibutuhkan untuk kegiatan yang membutuhkan otot halus atau intrinsik pada tangan. Kegiatan yang berhubungan dengan motorik halus diantaranya memegang pensil, menulis, meronce, memotong, mengancing pakaian

====================================================================

Untuk materi PEDAGOGI lainnya bisa diakses pada link berikut:
1. Materi 1: TEORI BELAJAR
DOWNLOAD MATERI 1

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN RIVIU

2. Materi 2: KARAKTER PESERTA DIDIK
DOWNLOAD MATERI 2

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

3. Materi 3: KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
DOWNLOAD MATERI 3

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

4. Materi 4: DESAIN PEMBELAJARAN
DOWNLOAD MATERI 4

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

5. Materi 5: DASAR KOMUNIKASI
DOWNLOAD MATERI 5

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

6. Materi 6: KONSEP PENILAIAN
DOWNLOAD MATERI 6

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

7. Materi 7: PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK
DOWNLOAD MATERI 7

Soal try out, kunci jawaban, pembahasan, riviu, cek disini:
SOAL TO – KUNCI – PEMBAHASAN – RIVIU

TETAP SEMANGAT MENGGAPAI IMPIAN!!!


Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *