KSN (Kompetisi Sains Nasional) 2021 sebentar lagi akan masuk kepada tahap pelaksanaan. Sudahkah kalian bersiap. Untuk tahun ini ada hal yang baru yaitu KSN akan dilaksanakan menggunakan server UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di sekolah-sekolah yang memiliki fasilitas untuk menggelarnya. Wah pastinya sebuah revolusi besar ya dari yang semula menggunakan tulisan tangan beralih menggunakan komputer. Bagaimana sih mekanismenya. Yuk kita pelajari.

Timeline KSN Kabupaten*

1 s.d. 6 Maret 2021
Seleksi sekolah terhadap peserta KSN yang akan berlaga. Nah seleksi ini dilangsungkan oleh sekolah masing-masing dengan berbagai mekanisme sesuai kebijakan sekolah. Dari sini kemudian diperoleh siswa-siswi yang siap mewakili sekolah dalam bidang mata pelajaran yang dikompetisikan diantaranya: MATEMATIKA, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, EKONOMI, GEOGRAFI, ASTRONOMI, KEBUMIAN, dan KOMPUTER.

8 s.d. 20 Maret 2021
Registrasi/Pendaftaran. Pastikan siswa-siswi maupun sekolah yang akan berlaga sudah terdaftar sebagai calon peserta KSN 2021.

PEDOMAN REGISTRASI DAPAT DILIHAT PADA TAUTAN BERIKUT:
SURAT KEPUTUSAN: DOWNLOAD
PANDUAN REGISTRASI: DOWNLOAD

14 s.d. 16 April 2021
Uji coba tahap 1 (Sistem Aplikasi). Uji coba ini dimaksudkan untuk mengecek apakah perangkat baik server maupun komputer yang tersedia di sekolah bisa menjalankan aplikasi seleksi KSN Kabupaten dan dapat dipergunakan dengan baik pada waktunya nanti

19 s.d. 21 April 2021
Uji coba tahap 2 (Tes Soal). Uji coba ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa calon peserta KSN memahami bagaimana mekanisme pengerjaan soal KSN nantinya. Jadi pastikan calon peserta bisa mengikuti dan mengoperasikan komputer serta aplikasi sesuai mata pelajaran masing-masing

27 s.d. 29 April 2021
Pelaksanaan KSN 2021

Catatan: Untuk jadwal KSN merupakan acuan yang bergantung pada pemenuhan syarat di masing-masing wilayah. Apabila pemenuhan syarat belum terpenuhi maka KSN kemungkinan berpotensi diundur.

Syarat Perangkat KSN 

Bagaimana syarat perangkat yang menjalankan aplikasi KSN tersebut? Bisa disimak disini:

1. Terdapat jaringan listrik PLN
Pastinya dengan daya yang memadai untuk komputer server dan komputer client

2. Memiliki UPS min 15 menit
UPS ini berguna jika saat pelaksaan terjadi pemadaman listrik atau bencana lainnya semisal kebakaran maupun konsleting arus pendek. UPS akan menggantikan sumber listrik sementara waktu dan memastikan jawaban siswa aman tersimpan.

3. Genset
Saat terjadi pemadaman aliran listrik, sambil UPS mengamankan pasokan daya, maka genset dapat dinyalakan untuk menggantikan sumber listrik PLN. Pastikan daya yang dihasilkan oleh genset memadai untuk semua perangkat ujian KSN dan bahan bakar yang tersedia cukup untuk selama pelaksanaan KSN.

4. Jaringan terkoneksi internet dengan bandwith minimal 1 Mbps dan stabil
Pastinya dikarenakan jawaban harus dikirim ke server pusat dari server sekolah maka harus tersedia jaringan internet. Jaringan internet pastinya harus stabil dan minimal 1 Mbps. Maksudnya minimal ini tidak terganggu dengan penggunaan lainnya artinya murni digunakan untuk mensupport server KSN.

5. Sumber daya manusia/Proktor dan teknisi
Seperti UNBK yang pernah dilaksanakan tahun sebelum pandemi Covid-19 pastinya harus ada proktor dan teknisi yang siap sedia mengamankan jalannya kegiatan. Mereka bertugas untuk merangkai koneksi, menyiapkan perangkat serta berbagai pendukungnya dan memastikan berjalan lancar saat kegiatan KSN.

6. Komputer Server
Komputer server untuk KSN memiliki persyaratan minimal sebagai berikut:
– PC/Tower/Dekstop (tidak disarankan menggunakan laptop meskipun memiliki spesifikasi tinggi)
– Processor 4 core dan clock rate minimal 1,6 GHz (64 bit)
– RAM 8 GB, DDR 3
– LAN CARD (NIC) 2 unit support GigaByte
– Terkoneksi UPS
– Ratio server client, 1: 40 (1 server untuk maksimal 40 client)
– Operating System (64 bit): Windows server/Windows 8/Windows 7/Linux Ubuntu 14.04
– Terdapat server cadangan.

6. Komputer Clinet
Komputer client adalah komputer yang digunakan siswa untuk mengerjakan soal KSN memiliki persyaratan minimal sebagai berikut:
– PC atau Laptop
– Monitor min. 11 inci (jika lebih kecil, aplikasi ujian tidak dapat dilihat secara optimal selama pelaksanaan)
– Processor minimal single core
– RAM minimal 521 MB
– LAN CARD
– Operating system: Windows XP/ 
Windows 7/ Windows 8/LINUX/MAC/Chrome OS
– Harddisk dengan kapasitas minimal 10 GB (free space)
– Web browser: Exambro versi terbaru
– Cadangan minimal 10%

7. Perangkat jaringan seperti kabel LAN, Switch dan juga perangkat pendukung lainya seperti terminal kabel untuk masing-masing komputer.

EBOOK MODUL LATIHAN SOAL

Untuk mengakses modul, ebook dan latihan soal silahkan mengakses pada link berikut ini:
EBOOK MODUL SOAL KSN

DAFTAR NAMA SEKOLAH PENYELENGGARA KSN-KABUPATEN SE-JAWA BARAT TAHUN 2021

DOWNLOAD

Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *