SECTION 1
Apa itu Metabolisme?


Metabolisme
merupakan berbagai mekanisme kimiawi yang terjadi dalam tubuh organisme guna mempertahankan keberlangsungan hidupnya. Terdapat dua tipe metabolisme, yaitu anabolisme dan katabolisme.

Anabolisme merupakan proses sintesis/penyusunan molekul, dari molekul yang sederhana menjadi molekul kompleks. Contoh dari proses metabolisme yang berlangsung secara anabolisme adalah: fotosintesis dan kemosistensis.

Fotosintesis merupakan proses sintesis molekul kompleks semisal karbohidrat/glukosa (C6H12O6)  dari molekul yang lebih sederhana karbondioksida (CO2) dan air (H2O). Proses ini terjadi dengan bantuan sinar matahari yang dirumuskan sebagai berikut:

Katabolisme adalah proses perombakan senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Proses ini umumnya bertujuan untuk menghasilkan energi. Contoh dari proses metabolisme yang berlangsung secara katabolisme adalah: respirasi dan fermentasi.


Respirasi merupakan proses perombakan karbohidrat 
(C6H12O6)  menjadi molekul yang lebih sederhana karbondioksida (CO2) dan air (H2O) untuk menghasilkan energi. Dapat berlangsung secara aerob (menggunakan oksigen) maupun anaerob (tanpa bantuan oksigen). Proses respirasi secara aerob dinyatakan dengan rumus berikut:

Uji Pemahaman

untuk menguji pemahaman kalian tentang metabolisme silahkan kerjakan latihan berikut ini!

KLIK UJI PEMAHAMAN 1

 

SECTION 2
Apa itu Enzim?

Untuk dapat melangsungkan metabolisme dengan baik, diperlukan sebuah mesin penggerak metabolisme yang bernama enzim. Enzim merupakan sebuah biokatalisator yang berguna untuk mempercepat terjadinya sebuah reaksi tanpa ikut bereaksi. Untuk lebih memahami tentang enzim silahkan pelajari infografis berikut ini!

Uji Pemahaman

untuk menguji pemahaman kalian tentang enzim silahkan kerjakan latihan berikut ini!

KLIK UJI PEMAHAMAN 2

Daftar Hadir

JANGAN LUPA MENGISI DAFTAR HADIR BERIKUT YA!!!

Pastikan nama ditulis dengan HURUF KAPITAL

KLIK LINK DI BAWAH INI!

DAFTAR HADIR PERTEMUAN KELIMA

Share:
belajar asyik

Bima Ariyo

Seorang Guru, Desainer, Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *